17 Maret Adalah Hari Perawat Nasional, Simak Sejarah dan Makna Peringatannya!

17 Maret Adalah Hari Perawat Nasional, Simak Sejarah dan Makna Peringatannya!

17 MARET adalah Hari Perawat Nasional, simak sejarah dan makna peringatannya! Foto: seorang perawat bersiap menyuntikkan vaksin Covid-19 di sebuah RS di Jakarta, Januari 2022.-Adek Berry-AFP


17 MARET adalah Hari Perawat Nasional, simak sejarah dan makna peringatannya! Foto: Logo PPNI.-PPNI-

Peningkatan kebutuhan akan perawat pada 1952 mendorong pemangku kebijakan untuk mendirikan sekolah-sekolah keperawatan. Hal itu menjadi tonggak penting dalam perkembangan keperawatan di Indonesia.

BACA JUGA:6 Maret saatnya Memperingati Beberapa Momen, Ada Hari Pengangguran Internasional!

Pada 1962, didirikanlah Akademi Keperawatan yang setara dengan diploma. Dan sejak itu, berbagai organisasi perawat mulai bermunculan. Seperti Kaum Verpleger Foster Indonesia (PKVI), Persatuan Djuru Kesehatan Indonesia (PDKI), Persatuan Perawat Indonesia (PPI), dan Ikatan Perawat Indonesia (IPI).

Perkembangan itu mencapai puncaknya pada 17 Maret 1974. Berbagai organisasi perawat tersebut melakukan fusi untuk membentuk sebuah wadah besar yang diberi nama Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Sejak saat itu, tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Perawat Nasional. Sebagai bentuk penghormatan dan pengakuan atas peran penting para perawat dalam sistem kesehatan Indonesia.

BACA JUGA:27 Februari Memperingati Apa? Ada Hari Peringatan Peristiwa Pertempuran Selat Sunda Lho

Makna Perayaan Hari Perawat Nasional


17 MARET adalah Hari Perawat Nasional, simak sejarah dan makna peringatannya! Foto: Para anggota PPNI mengikuti pelatihan di Jakarta, Oktober 2023.-PPNI-

Hari Perawat Nasional adalah momen yang sangat penting untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada para perawat atas jasa dan kontribusi luar biasa yang mereka. Dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada pasien dan pelanggan.

Tahun ini, peringatan Hari Perawat Nasional menjadi lebih istimewa. Karena juga bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-50 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Dengan tema Peduli untuk Sinergi, peringatan ini menekankan pentingnya kerjasama dan kolaborasi antar perawat dalam membangun profesi dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

BACA JUGA:Sejarah di Balik Peringatan Hari Pekerja Nasional 20 Februari

BACA JUGA:Sejarah Hari Pers Nasional 9 Februari dan Tema di Tahun 2024

Dewan Pengurus Pusat PPNI telah merencanakan berbagai kegiatan puncak untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-50 PPNI pada 12 Mei 2024 di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber