Ketua DPRD Jatim Ditentukan DPP PKB, Antara Anik dan Fauzan?

Ketua DPRD Jatim Ditentukan DPP PKB, Antara Anik dan Fauzan?

Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah (kiri) dan Ketua Perempuan Bangsa Jatim Hikmah Bafaqih saat konferensi pers di Grha Gus Dur, Surabaya, 16 Maret 2024. -FOTO: SAHIROL LAYEELI-HARIAN DISWAY-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – PKB mendapat jatah ketua DPRD Jatim periode 2024-2029. Salah seorang dari 27 anggota DPRD dari PKB akan duduk di kursi pimpinan DPRD Jatim. Sampai saat ini belum ada yang ditunjuk oleh partai untuk merebut kursi pimpinan dewan.

"Soal pimpinan DPRD Jatim mutlak di tangan DPP. Belum menyebut inisial. Tetapi intinya sevisi, semisi, dan seideologi,” kata Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah saat konferensi pers di Grha Gus Dur Surabaya, 16 Maret 2024. 

Sejauh ini nama Anik memang yang paling santer disebut sebagai calon kuat ketua DPRD Jatim. Dia memiliki semua syarat untuk itu. Pertama, Anik saat ini menjabat sebagai wakil ketua DPRD Jatim. Sehingga dia sudah pengalaman menjadi pimpinan dewan.


Anik Maslachah dan Hikmah Bafaqih di kantor DPW PKB Jatim di Grha Gus Dur, Surabaya. -FOTO: SAHIROL LAYEELI-HARIAN DISWAY-

Kedua, Anik meraih suara sangat besar. Suara Anik di daerah pemilihan Jatim 2 (Sidoarjo) adalah 118.040 suara. Ketiga, Anik adalah orang nomor dua di DPW PKB saat ini. Selain itu, DPRD Jatim belum pernah dipimpin sosok perempuan. Bila Anik diberi mandat partai untuk menjadi pimpinan dewan, tentu akan menjadi sejarah baru bagi DPRD Jatim karena dipimpin seorang perempuan.

Pesaing Anik adalah Fauzan Fuadi. Politikus muda lulusan Universitas Muhammadiyah Malang itu kini menjabat bendahara DPW PKB Jatim. Ia juga ketua fraksi PKB di DPRD Jatim. 

Suara Fauzan kali ini yang terbesar di antara caleg yang lain, yakni 120.873 suara. Ia merupakan caleg di daerah pemilihan Bojonegoro-Tuban. Faktor suara terbesar ini bisa jadi yang akan mengantar Fauzan menjadi ketua DPRD Jatim.

Ketua DPW PKB A. Halim Iskandar saat memberikan pembekalan caleg dapil Jatim 7 DPR RI dan Dapil Jatim 9 DPRD Jatim di Ngawi pada 4 November 2023 mengatakan bahwa perolehan suara akan menjadi pertimbangan terbesar dalam penentuan pimpinan DPRD. Itu berlaku di DPRD Jatim maupun DPRD kabupaten/kota. 

BACA JUGA:PKB Dominasi suara, Saatnya DPRD Jatim Dipimpin Perempuan

BACA JUGA:Resmi! Tiga Parpol Usulkan Hak Angket Kecurangan Pemilu, PKB Beri Kritikan Pedas

Sempat muncul nama Musyafak Rouf. Politikus senior ini pernah menjadi ketua DPRD Surabaya. Soal kapasitas tentu tidak diragukan lagi. Kelemahannya, Musyafak pernah menjadi terpidana kasus korupsi. Ia tersandung kasus korupsi jasa pungut pajak saat menjabat sebagai ketua DPRD Surabaya. Suara Musyafak juga jauh lebih kecil daripada Anik dan Fauzan. Hanya 60.951. Tentu hal tersebut akan menjadi catatan tersendiri bagi DPP PKB. 

PKB menang besar di Jatim pada Pileg 2024.  "Saya katakan kemenangan komplet. Linier dari tingkat RI, provinsi, hingga level kabupaten/kota, PKB menang. Yang kedua, kita menang suara dan menang kursi, sehingga saya sebut hari ini kita menang yang bermahkota," ucap Anik Maslachah. 

Bisa dikatakan, kemenangan PKB pada Pileg 2024 ini menyeluruh. Tidak hanya di Jawa Timur yang merupakan basis partai tersebut. Anik pun membeberkan bukti bahwa perolehan kursi DPR RI dari PKB ada 80 kursi. Hanya 18 kursi yang berasal dari Jawa Timur. 

"Artinya persentase besar ini dibagi ke-38 provinsi yang ada di Indonesia. Beberapa wilayah besar yang tidak terisi kursi, kini menjadi terisi, seperti di Aceh dan NTB," tambah Anik. Selain itu, perolehan kursi PKB di Pileg kabupaten/kota di Indonesia tercatat meningkat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: