Optimistis Investasi Capai Rp 1.650 Triliun, Bisa Kuasai 61 Persen Saham Freeport

Optimistis Investasi Capai Rp 1.650 Triliun, Bisa Kuasai 61 Persen Saham Freeport

Presiden Joko Widodo meninjau langsung pabrik baterai mobil listrik PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis, 14 September 2023.-Setpres-

Revisi PP 96 itu sudah dibawa ke dalam Rapat Terbatas (Ratas) bersama Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu. Dengan revisi itu, kata Bahlil, akan ada penyesuaian dan percepatan dalam rangka investasi berkelanjutan. 

“Kalau itu terjadi dan potensi penambahan saham Freeport di Indonesia menjadi 61 persen, berarti Freeport bukan lagi milik orang lain, tapi sudah milik kita,” tandasnya.

Dalam aturan saat ini, perpanjangan kontrak baru bisa diajukan paling cepat 5 tahun sebelum kontrak berakhir. Dan paling lambat 1 tahun sebelum kontrak berakhir. “Kita ubah karena ini terintegrasi dengan smelter," jelasnya.

Selain alasan itu, khusus untuk PT Freeport Indonesia (PTFI) misalnya, pengajuan perpanjangan kontrak bisa segera dilakukan. Mengingat harus ada kepastian mengenai investasi. Khususnya untuk melakukan produksi di tambang perusahaan.

"Freeport itu tahun 2035 itu sudah mulai menurun produksinya sementara kita eksplorasi underground itu minimal 10 tahun,” lanjut Bahlil. Jadi, katanya, kalau sampai 2035 baru memikirkan perpanjangan, akan terjadi vakum kurang lebih sekitar 5-10 tahun. (Mohamad Nur Khotib)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: