Rawat Diri Anda ketika Ramadan, Begini Caranya

Rawat Diri Anda ketika Ramadan, Begini Caranya

Rawat diri Anda ketika Ramadan, begini caranya. Ramadan tiba, banyak cara untuk menjaga tubuh tetap sehat ketika berpuasa.-google-indiatvnews.com

HARIAN DISWAY - Bulan suci Ramadan, umat Islam di seluruh dunia hanyut dalam momen refleksi spiritual dan disiplin diri. Puasa dari fajar hingga matahari terbenam, berpantang makanan, minuman, dan keinginan duniawi lainnya, adalah prinsip utama Ramadan

Namun, di tengah semangat itu, penting untuk tidak mengabaikan perawatan diri. Yakni menjaga kesejahteraan fisik, mental, dan emosional. 

Berikut adalah lima praktik perawatan diri yang penting untuk meningkatkan kesejahteraan Anda selama Ramadhan 2024. Dengan menggunakan cara-cara ini ke dalam rutinitas Anda, Anda dapat merayakan bulan suci dengan vitalitas, konsentrasi, dan kedamaian batin.

BACA JUGA: Dokter Tim Persebaya Bagikan Tip Puasa Sehat

Prioritaskan Hidrasi dan Nutrisi

Puasa pada siang hari dapat menyebabkan dehidrasi dan kekurangan nutrisi jika tidak dikelola dengan baik. Jadi, sangat penting untuk memprioritaskan hidrasi dan nutrisi selama jam-jam di luar puasa. 

Mulailah makan sahur Anda dengan banyak air dan makanan yang menghidrasi. Seperti buah-buahan dan sayuran. Gabungkan karbohidrat kompleks dan protein untuk mempertahankan tingkat energi sepanjang hari. 

Saat berbuka puasa, berbuka puasalah dengan kurma dan air, dilanjutkan dengan makanan seimbang yang terdiri dari biji-bijian, protein, lemak sehat, dan sayuran.


Rawat diri Anda ketika Ramadan, begini caranya. Ramadan tiba, hidup sehat tapi tetap berpuasa masih bisa dilakukan. Salah satunya berolahraga ringan.--freepik.com

BACA JUGA: 7 Hal Ini Makruh Dilakukan Saat Berpuasa

Berlatih Makan dengan Penuh Perhatian

Gunakan waktu makan sebagai kesempatan untuk menumbuhkan rasa syukur dan perhatian. Kunyah makanan Anda secara perlahan, nikmati setiap gigitan, dan jangan terlalu berlebihan saat makan. 

Makan dengan penuh kesadaran tidak hanya meningkatkan pencernaan, tetapi juga menumbuhkan hubungan yang lebih dalam dengan makna spiritual.

Pertahankan Jadwal Tidur yang Seimbang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indiatvnews.com