Risma Berpotensi Jegal Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Risma Berpotensi Jegal Khofifah di Pilgub Jatim 2024

MENTERI SOSIAL Tri Rismaharini menyambangi desa nelayan di bibir pantai Jalan Lintas Flores, Raporendu, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. -kemensos-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Nama Tri Rismaharini kembali mencuat jelang pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Timur yang akan dilaksanakan November 2024. 

Kepiawaian dia saat menjadi Wali Kota Surabaya periode 2010-2020 adalah salah satu faktor masuknya nama Risma dalam bursa kandidat cagub Jatim 2024. 

Bahkan, dalam sejumlah lembaga survei, elektabilitas Risma tidak kalah jauh dari Khofifah Indar Parawansa selaku petahana. 

Pada survei Indopol yang dilakukan pada 16-24 Maret 2023, Khofifah keluar sebagai cagub Jatim dengan elektabilitas tertinggi 28,2 persen. Risma mengekor di posisi kedua dengan 17,8 persen.

BACA JUGA: PKB dan PDIP Masih Gamang Pilih Jago Untuk Menantang Khofifah di Pilgub Jatim 2024

BACA JUGA: Gerindra Tetap Usung Khofifah, PKB Siapkan Lawan di Pilgub Jatim

Kajian dari Surabaya Survey Center (SSC) menunjukkan hasil yang sama. Dua tokoh perempuan tersebut bersaing ketat untuk menduduki dua teratas. 

Khofifah masih di puncak dengan 36,3 persen. Disusul Risma yang menempel dengan 19,8 persen.

Pakar politik Universitas Trunojoyo Surokim Abdussalam menilai Tri Rismaharini dari PDIP adalah figur yang pantas melawan Khofifah di Pilgub Jatim

"Bu risma melawan Bu Khofifah itu kan bisa sebanding, bisa setanding, ya," ucapnya saat dihubungi Harian Disway.

Sementara itu, pengamat politik Universitas Airlangga Prof Kacung Marijan sepakat dengan pendapat Surokim. Menurutnya, cukup sulit memilih calon atau figur yang bisa menandingi popularitas Khofifah di Jatim.

Sebagai petahana, dia sangat diuntungkan.

"Sekadar mencalonkan mungkin bisa. Tapi, peluang menangnya ini gimana?  PDIP sedang gamang mencari figur," katanya. 

Meski begitu, Kacung mengakui bahwa sosok Risma sedang santer diperbincangkan. Bukan tidak mungkin PDIP akan mencalonkan perempuan yang dijuluki ibunya arek-arek Suroboyo itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: