PKB dan PDIP Masih Gamang Pilih Jago Untuk Menantang Khofifah di Pilgub Jatim 2024

PKB dan PDIP Masih Gamang Pilih Jago Untuk Menantang Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Khofifah Indar Parawansa saat pembukaan Gebyar Sholawat dan Launching Ramadan GenZi di Masjid Nasional Al Akbar. -MAS-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Khofifah Indar Parawansa masih menjadi satu-satunya bakal calon gubernur Jawa Timur yang telah memastikan diri maju ke Pilgub 2024 mendatang. 

Dia juga sudah mengantongi dukungan dari empat partai politik, yakni PAN, Demokrat, Gerindra, dan Golkar. Empat parpol itu adalah mesin utama pemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

Kini, Khofifah menunggu lawan yang sepadan. Sementara di sasana penantang, PKB, PDIP, PKS, dan PPP hingga kini belum mengumumkan siapa jagoan mereka.

Pakar Politik Universitas Airlangga Prof Kacung Marijan mengatakan, parpol-parpol lawan sudah waktunya mulai bersiap menghadapi Pilkada. 

BACA JUGA:Gerindra Tetap Usung Khofifah, PKB Siapkan Lawan di Pilgub Jatim

BACA JUGA:Khofifah Maju Pilgub Lagi: Mohon Doanya, Saya dan Pak Emil Tetap Bersama

Ia juga memahami langkah PKB, PDIP, dan parpol-parpol lain yang terkesan berhati-hati dan banyak pertimbangan. Mengingat popularitas dan kualitas Khofifah sebagai sang petahana tidak kaleng-kaleng.   

"Pilgub bukan hanya sekedar bisa dicalonkan apa tidak. Tetapi figur itu bisa menang atau tidak. Sejauh ini Khofifah yang kuat," ucap Kacung saat dihubungi Harian Disway, Senin, 18 Maret 2024.


Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran, Khofifah Indar Parawansa dalam acara sholawat dan doa bersama di Jatim International Expo, Jumat, 9 Februari 2024.-TKD Jatim Prabowo-Gibran -

"Sejauh ini belum ada figur yang menandingi Khofifah. Sekadar mencalonkan mungkin bisa. Tapi peluang menangnya ini gimana? Baik PDIP maupun PKB ada kesulitan mencari figur," tambahnya.

Senada dengan Prof. Kacung, Pakar Politik Universitas Trunojoyo Surokim Abdussalam juga mengakui bahwa mencari figur yang sebanding dan setanding dengan Khofifah tidak mudah. 

BACA JUGA:Nama Ramdhanu Dwiyantoro Muncul Sebagai Kandidat Calon Bupati Pasuruan

"PKB sulit mendukung bu Khofifah karena jalan (Politik,Red) nya sudah berbeda. Mau tidak mau harus mengusung paslonnya sendiri sebagai partai pemenang pemilu legislatif," katanya. 

PR-nya, lanjut Surokim, PKB harus mencari figur tandingan yang punya kualitas sebanding dengan Khofifah. Menurut Surokhim, tokoh-tokoh nasional memiliki kans lebih besar dalam menumbuhkan daya saing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: