Risma Berpotensi Jegal Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Risma Berpotensi Jegal Khofifah di Pilgub Jatim 2024

MENTERI SOSIAL Tri Rismaharini menyambangi desa nelayan di bibir pantai Jalan Lintas Flores, Raporendu, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. -kemensos-

"Menurut saya, figur yang mendekati untuk bisa bersaing dengan Khofifah ya Bu Risma. Pak Anas (Azwar Anas, Red). Kalau cuma bupati-bupati yang ada sekarang ya klepek-klepek (melawan Khofifah)," kelakarnya.

Pakar politik Universitas Negeri Surabaya Moch. Mubarok Muharram turut berspekulasi soal pilgub Jatim. Berdasar pengamatannya, menang ataupun kalah, PDIP memiliki tradisi untuk  mencalonkan figur internal. 

"Sejatinya mereka tetap mengusung. Karena di Jawa Timur biasanya mereka menjadi parpol pengusung utama. Katakanlah dua koalisi mengusung Khofifah, paling tidak mereka jadi parpol utamanya. Saya lihat prinsip PDIP seperti itu," terangnya.

BACA JUGA: Golkar Serahkan Rekomendasi, Khofifah Makin Tak Tertandingi di Pilgub Jatim

BACA JUGA: Pastikan Maju Pilgub 2024, Khofifah Minta Dukungan Ribuan Kader Muslimat

Selain itu, Mubarok menyebutkan, PDIP memiliki banyak figur internal berkualitas. Termasuk Tri Rismaharini, Azwar Anas, dan Eri Cahyadi. 

"Khofifah itu lebih populer. Tetapi, bisa juga PDIP mengusung tokoh nasional yang mungkin berasal dari Jatim. Jadi dinamis, peluang itu masih terbuka," tandas dosen prodi Ilmu politik tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: