Drainase Tertutup Lumpur, Tiga Distrik di Jayapura Alami Banjir

Drainase Tertutup Lumpur, Tiga Distrik di Jayapura Alami Banjir

Tim Gabungan bersama warga lakukan pembersihan material pasca banjir di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua pada Rabu 20 Maret 2024. --BPBD Kabupaten Jayapura

HARIAN DISWAY - Hujan deras dikabarkan melanda tiga distrik di Kabupaten Jayapura, Provinsi Jayapura. Sehingga mengakibatkan wilayah tersebut alami banjir pada Selasa 19 Maret 2024.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura ketiga distrik tersebut adalah Distrik Unurumguay, Distrik Sentani, dan Distrik Sentani Timur.

Penyebab banjir itu salah satunya disebabkan oleh sistem drainase yang tertutup lumpur sehingga aliran air tersumbat dan meluap hingga ke pemukiman warga sekitar.

BACA JUGA: BNPB Terus Upayakan Pencarian Korban Hilang Pasca Banjir Pesisir Selatan

Peristiwa tersebut memberikan dampak pada 158 unit rumah dan sekitar 101 kepala keluarga. Karena itu, sebagian warga memilih untuk melakukan pengungsian ke rumah kerabat yang lebih aman. 

Banjir juga menyebabkan akses jalan di salah satu jembatan Distrik Unurumguay terputus, kegiatan belajar mengajar diliburkan, dan terganggunya aktivitas warga sekitar.

Upaya penanganan darurat seperti, pendataan dan monitoring tempat terdampak, serta pembersihan material pasca banjir telah dilakukan BPBD Kabupaten Jayapura dan tim gabungan.

BACA JUGA: Banjir Masih Menggenangi Jepara, 442 Orang Menungsi

Menurut informasi kondisi terkini dari BPBD Kabupaten Jayapura, banjir telah mengalami penyurutan di beberapa titik. Meski  demikian, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk selalu bersiap siaga.

Utamanya dalam menghadapi banjir di wilayah permukiman. Salah satunya dengan rutin membersihkan drainase agar peristiwa banjir akibat luapan air drainase tidak lagi terjadi. (Hayu Anindya Azzahra) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bnpb