Waspada, Kelebihan Vitamin D dapat Memicu Penyakit

Waspada, Kelebihan Vitamin D dapat Memicu Penyakit

Waspada, kelebihan vitamin D dapat memicu penyakit. Kelebihan vitamin d tak baik untuk tubuh. Dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Seperti gangguan pencernaan, ginjal, dan lain-lain.-freepik.com-indiatvnews.com

HARIAN DISWAY - Vitamin D sering dijuluki "vitamin sinar matahari". Sangat penting untuk banyak fungsi tubuh, termasuk kesehatan tulang dan dukungan sistem kekebalan tubuh. 

Kita mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari. Namun, banyak orang mengonsumsi suplemen untuk memastikan kebutuhan hariannya tercukupi. 

Tapi segala sesuatu yang berlebihan itu tak baik. Meski kekurangan vitamin D merupakan masalah utama, tapi kelebihan vitamin D dalam jumlah yang disarankan dapat menyebabkan berbagai efek samping dan penyakit serius. 

BACA JUGA: Ramai Anjuran Minum Vitamin D3 5000 IU Setiap Hari, Ini Dosis dan Efek Sampingnya

Berikut 5 potensi efek samping dari terlalu banyak vitamin D.

Hiperkalsemia: 

Salah satu risiko paling signifikan terkait asupan vitamin D berlebihan adalah hiperkalsemia. Yakni suatu kondisi yang ditandai dengan peningkatan kadar kalsium dalam darah. 

Vitamin D memang membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan. Namun, terlalu banyak Vitamin D dapat menyebabkan penyerapan kalsium berlebihan.

Sehingga menimbulkan gejala seperti mual, muntah, lemas, sering buang air kecil, dan pada kasus yang parah, batu ginjal atau bahkan kerusakan ginjal.

BACA JUGA: 5 Makanan yang Mengandung Vitamin D3, Mampu Perkuat Tulang dan Cegah Infeksi Pernafasan


Waspada, kelebihan vitamin D dapat memicu penyakit. Vitamin D memang baik untuk tubuh. Namun, jika terlalu banyak mengonsumsinya, bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.-google-indiatvnews.com

Masalah ginjal:

Konsumsi suplemen Vitamin D yang berlebihan dalam jangka panjang dapat memberikan tekanan pada ginjal. Ginjal memainkan peran penting dalam mengatur kadar kalsium dalam tubuh. 

Kalsium yang berlebihan karena keracunan vitamin D berpotensi menyebabkan kerusakan atau disfungsi ginjal, terutama jika seseorang sudah mempunyai masalah ginjal yang mendasarinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indiatvnews.com