Stok LPG Aman! Pertamina Tambah Suplai 394.000 tabung di Jateng dan DIY

Stok LPG Aman! Pertamina Tambah Suplai 394.000 tabung di Jateng dan DIY

STOK LPG aman! Pertamina tambah suplai 394.000 tabung di Jateng dan DIY.-Pertamina untuk Harian Disway-

SEMARANG, HARIAN DISWAY - Pertamina terus memastikan stok LPG di berbagai daerah di Indonesia aman. Setelah cuaca ekstrem yang melanda Jawa Tengah sejak 11 Maret 2024 lalu mereda, suplai LPG di daerah itu kembali ditambah.

Ya, setelah cuaca ekstrem reda, kapal pengangkut suplai LPG berhasil bersandar di pelabuhan Semarang dan Rembang. Sehingga Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah bisa terus memasok suplai LPG 3 kg ke wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Mereka berfokus pada wilayah-wilayah yang terdampak cuaca ekstrem beberapa waktu lalu. Penambahan fakultatif LPG 3 kg mencapai 394.000 tabung selama periode Maret 2024.

BACA JUGA:Distribusi BBM Tetap Berjalan Pasca Gempa Tuban, Pelayanan Pertamina Masih Normal

Area Manager Communication, Relation, dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho menjelaskan, penambahan pasokan LPG 3 kg terus dioptimalkan.


STOK LPG aman! Pertamina tambah suplai 394.000 tabung di Jateng dan DIY.-Pertamina untuk Harian Disway-

"Sebagai gambaran, pada Kamis kemarin (21 Maret 2024, Red) penyaluran harian mencapai 1.614.150 tabung, atau 8,1% di atas rata-rata normal penyaluran harian di Jateng dan DIY," jelas Brasto.

Cuaca ekstrem yang terjadi sejak pertengahan Maret di wilayah Jawa Tengah dan DIY memang berdampak pada tingginya gelombang di Laut Jawa. Sehingga beberapa kapal Pertamina yang sudah tiba tepat waktu di pelabuhan tidak dapat bersandar hingga berhari-hari.

BACA JUGA: Pertamina Pastikan Pasokan Energi Aman Pasca Gempa Tuban, Distribusi LPG dan BBM Tak Terganggu

"Kondisi gelombang yang tinggi pada saat itu membuat pipa yang seharusnya dapat terpasang untuk mengalirkan stok gas dari kapal ke Terminal LPG tidak dapat kami sambungkan karena alasan keamanan," papar Brasto.

Ia menambahkan, setelah kapal pengangkut LPG berhasil sandar pada tanggal 16 Maret 2024, pemulihan distribusi secara berangsur-angsur membaik. Mereka menambah jam operasional penyaluran hingga penambahan stok di tingkat agen dan pangkalan. Berdasarkan proyeksi kenaikan konsumsi dan pemantauan konsumsi beberapa pekan terakhir.

"Ada beberapa wilayah di Jawa Tengah di pekan lalu mengalami hambatan penyaluran karena akses jalan yang terkena banjir, sehingga kami prioritaskan penambahan stoknya," jelasnya.

BACA JUGA:Inovasi Dilakukan Pertamina Patra Niaga Agar Penyaluran BBM dan LPG Bersubsidi Tepat Sasaran

BACA JUGA:Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: