6 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sahur

6 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sahur

Seorang mahasiswi dari HMI Komisariat FISIP USU memberikan sebungkus nasi kepada penarik becak yang beristirahat, di Jalan Nibung Raya Medan, Sumut, dalam rangkaian Sahur On The Road,-Antara-

HARIAN DISWAY - Sahur merupakan salah satu momen penting bagi umat Muslim saat menjalankan ibadah puasa, terutama selama bulan Ramadan. Memilih makanan yang tepat untuk sahur dapat membantu menjaga kesehatan dan keseimbangan nutrisi selama berpuasa sepanjang hari. Namun, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur karena dapat menyebabkan masalah pencernaan, dehidrasi, atau membuat Anda merasa lemas selama puasa. Berikut adalah enam makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur:

1. Makanan Berminyak

Makanan yang tinggi lemak cenderung sulit dicerna, sehingga dapat menyebabkan perasaan kenyang yang berlebihan dan membuat Anda merasa lapar lebih cepat saat berpuasa. Hindari makanan seperti gorengan, daging berlemak, atau makanan olahan yang mengandung banyak minyak. Cenderung sulit dicerna dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna dalam perut. Saat sahur, sebaiknya hindari makanan yang digoreng dalam jumlah besar atau makanan berminyak tinggi agar mengurangi risiko gangguan pencernaan dan perut kembung.


--

2. Makanan Manis Berlebihan

Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang cepat diikuti oleh penurunan tajam, membuat Anda merasa lemas dan lapar dengan cepat. Hindari makanan yang mengandung banyak gula tambahan seperti kue-kue manis, minuman bersoda, atau camilan manis lainnya. 


--

Selain itu juga dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat diikuti oleh penurunan yang tajam, menyebabkan energi terkuras dengan cepat. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks daripada makanan manis berkalori tinggi seperti kue, permen, atau minuman bersoda saat sahur.

3. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat menyebabkan iritasi lambung dan gangguan pencernaan, terutama saat perut masih dalam kondisi kosong saat sahur. Hindari makanan pedas seperti sambal, cabai, atau makanan dengan tambahan bumbu pedas yang berlebihan. Konsumsi makanan pedas saat sahur dapat meningkatkan risiko mulas atau gangguan pencernaan yang tidak nyaman selama hari berpuasa.


--

4. Makanan Instan 

Makanan instan cenderung tinggi garam, lemak jenuh, dan gula tambahan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang. Selain itu, makanan instan juga seringkali rendah serat dan nutrisi penting lainnya. Sebaiknya hindari makanan instan seperti mi instan, nugget, atau makanan beku yang tinggi lemak dan garam saat sahur.


--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: