Simak! Ini dia Trik Jitu Agar Tidak Mudah Haus Saat Puasa

Simak! Ini dia Trik Jitu Agar Tidak Mudah Haus Saat Puasa

Saat puasa memang rawan dengan rasa haus dan lapar. Perut kosong selama seharian. Ternyata ada lho trik jitu yang bisa Anda coba agar tidak mudah haus saat puasa. --Shutterstock/kazoka

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Dalam bulan Ramadan, kita harus menahan diri untuk tidak minum. Rasa haus sering menghampiri saat puasa.  Maka dari itu, tubuh kita membutuhkan cairan untuk berfungsi dengan baik. 

Saat berpuasa selama bulan Ramadan, sangat sulit untuk menahan haus. Ini jadi lebih sulit ketika cuaca sangat panas dan terik matahari sangat kuat. Orang-orang yang berpuasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari punya tantangan untuk menjaga tubuh mereka tetap fit dan bugar.

Selama berpuasa, kita harus menahan makan dan minum selama 14 jam. Namun, tenang saja, ada beberapa cara untuk mencegah rasa cepat haus saat berpuasa. 

1. Pastikan Minum Air Putih yang Cukup

Tip pertama adalah pastikan minum air putih yang cukup saat buka dan sahur. Minum air putih setidaknya dua liter sehari atau setara dengan 8 gelas air putih.

BACA JUGA: 6 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sahur

Anda bisa menggunakan rumus 2-4-2. Rinciannya yaitu 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas air putih dari setelah salat tarawih hingga malam hari dan 2 gelas saat sahur.

2. Kurangi Aktivitas yang Mengeluarkan Banyak Keringat

Saat berpuasa, beberapa aktivitas biasanya tetap dilakukan. Tapi sebisa mungkin hindari melakukan aktivitas berat, terutama di bawah sinar matahari. Ini adalah salah satu cara untuk mencegah rasa cepat haus.

Jika Anda ingin berolahraga, lakukanlah menjelang buka puasa. Ini akan membantu Anda tidak terlalu haus atau lelah saat bedug magrib tiba.

3.Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Tubuh membutuhkan banyak vitamin dan mineral dari sayur dan buah. Beberapa buah dan sayur itu memiliki banyak air, yang membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh. 

Sebagai cara menghilangkan haus saat puasa, konsumsilah beberapa buah dan sayur yang tinggi akan kandungan air, misalnya semangka dan timun. 

4. Buat Ruangan Jadi Sejuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: