Lailatulqadar Malam Terbaik di Bulan Ramadan, Apa Saja Amalan yang Bisa Dikerjakan saat Malam itu Datang?

Lailatulqadar Malam Terbaik di Bulan Ramadan, Apa Saja Amalan yang Bisa Dikerjakan saat Malam itu Datang?

Amalan yang bisa dilakukan saat malam Lailatulqadar salah satunya adalah membaca Al-Qur'an. -Andri Nugroho-IG @andrinugrohosuntoro

Oleh karena itu, pentingnya bagi kaum muslim yang melaksanakan ibadah puasa juga mengejar momentum malam Lailatulqadar untuk mendapatkan amalan pahala yang berlipat ganda.

Ada beberapa amalan yang bisa Anda lakukan saat malam Lailatulqadar:

1. Salat tarawih

Mengerjakan salat tarawih di bulan Ramadan merupakan kegiatan sunnah yang dianjurkan untuk menambah pahala dengan mengambil rakaat sebanyak-banyaknya dan semampunya.

2. Itikaf di masjid

Itikaf di masjid dengan memperbanyak ibadah seperti membaca Al-Quran, salat tahajud, salat hajat, ataupun kegiatan ibadah lainnya. Itikaf pun telah diperintah dalam Surat Al-Baqarah ayat 125.

BACA JUGA: Jadi Malam Terbaik di Bulan Ramadan, Ini Doa di Malam Lailatulqadar

"Dan (ingatlah) ketika Kami menjadikan rumah (Ka’bah) sebagai tempat berkumpul dan tempat aman bagi manusia. Dan jadikanlan Maqam Ibrahim itu tempat salat. Dan telah Kami perintahkan pada Ibrahim dan Ismail. Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, orang yang itikaf, dan orang-orang yang rukuk dan bersujud."

3. Memperbanyak zikir, salawat, dan doa

Amalan sunah yang bisa dikerjakan pada saat malam Lailatulqadar yakni dengan berzikir dan salawat kepada Allah serta memperbanyak amalan doa. Dan berikut doa yang bisa Anda amalkan saat Lailatulqadar:

للَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allahumma Innaka Affuwun’ Kariim Tuhibbul Afwa Fa’fuAnni. Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan suka mengampuni. Karena itu, ampunilah aku."

4. Membaca Al-Qur'an

Dengan membaca Al-Quran di bulan Ramadan telah mendapat pahala yang berlipat ganda dalam satu huruf yang dibaca. Oleh karena itu dianjurkan untuk membaca Al-Qur'an pada saat malam Lailatulqadar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber