Dibuka Mei 2024, Ini Detail Progres Revitalisasi Kota Lama Surabaya

Dibuka Mei 2024, Ini Detail Progres Revitalisasi Kota Lama Surabaya

NUANSA ORIENTAL di Kya-Kya, Jalan Kembang Jepun, yang penuh dengan pedagang street food.-Sahirol Layeli-Harian Disway-

Selain itu, DPRKPP Surabaya juga membuat dua dermaga baru. Lokasinya di Pasar Pabean dan Crane Kuno. Dermaga ini rencananya akan terkoneksi dengan Wisata Air Susur Kalimas.

Namun, saat ini pengairan sungai Kalimas cukup dangkal karena tingginya sedimentasi maka diperlukan pengerukan terlebih dahulu. 

“Karena pengairan dangkal dan pengerukan perlu waktu. Maka konsep dari Disbudporapar adalah rekreasi air seperti adanya becak air. Ini akan dicoba dihadirkan di situ,” jelasnya.

Sarana pendukung seperti toilet dan pos jaga keamanan juga dibangun di area Jalan Kalimas Timur Surabaya. Revitalisasi Langgar Gipo yang memiliki keterkaitan sejarah antara santri sebagai pejuang yang menewaskan AWS Mallaby juga dilakukan.

BACA JUGA: RPH Babi Surabaya Dipindahkan dari Ampel ke Banjarsugihan

Revitalisasi itu sudah dikerjakan sejak 2021 yang menyasar struktur terlebih dahulu karena konstruksi kayu dan sudah keropos. Maka, ditambah dengan konstruksi baja.

Pada 2022 dilakukan pekerjaan yang menyasar bagian interior dilanjutkan melengkapi interior pada 2023. Selanjutnya perbaikan kamar mandi dilakukan tahun ini.

“Zona Arab di kawasan Ampel, kita ada pekerjaan Serambi Ampel yang sudah selesai. Jadi ada pilihan bagi warga di kawasan kota lama, wisatawan bisa menikmati wisata kuliner maupun wisata sejarah di kota lama," jelasnya. (Wulan Yanuarwati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: