PB PASI Kirim Zohri dan Odekta Naibaho ke Olimpiade Paris 2024

PB PASI Kirim Zohri dan Odekta Naibaho ke Olimpiade Paris 2024

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari (kiri) dan CdM Olimpiade Paris 2024 Anindya Bakrie (kanan) di kawasan Tebet, Jakarta Selatan pada Kamis, 28 Maret 2024-Ragil Putri Irmalia-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Indonesia menambah perwakilan ke Olimpiade Paris 2024. Tambahan itu datang dari PB PASI yang mengirim Lalu M. Zohri dan Odekta Naibaho ke multievent paling bergengsi di dunia tersebut.

Kabar tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari pada Kamis, 28 Maret 2024 di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Zohri dan Odekta masuk melalui jalur wildcard.

"Hari ini resmi sudah sembilan atlet dari Indonesia yang tercatat menjadi atlet Olimpiade Paris 2024. Kami ada tambahan dari atletik yaitu Zohri di nomor 100 meter dan Odekta di nomor maraton. Tentunya masih menunggu atlet yang lain yang dalam proses kualifikasi," ungkap Okto.

Okto menjelaskan, masuknya Zohri dan Odekta ke Olimpiade Paris 2024 merupakan pilihan dari PB PASI.

"Dari beberapa itu yang dipilih itu (Zohri dan Odekta). Akhirnya diputuskan dari PASI nomor 10 meter putra dan noor maraton putri," lanjut Okto.

BACA JUGA:Kompetisi SAC Indonesia Makin Berkembang, Presiden Persebaya Yakin Popularitas Atletik Bisa Saingi Sepak Bola

Zohri sendiri pernah berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Saat itu, Zohri lolos setelah menembus limit waktu 10,05 detik.

Ia mencatat waktu 10,03 detik dan menjadi rekor nasional Indonesia nomor 100 meter. Zohri juga menjadi atlet Indonesia pertama yang lolos ke Olimpiade Tokyo 2020.

Saat berlaga di Olimpiade, Zohri turun di Heat 4. Ia finis diurutan kelima dalam waktu 10,36 detik. Pada nomor 100 meter itu, emas Olimpiade Tokyo 2020 diraih oleh Marcell Jacobs (Italia) yang memiliki waktu 9,80 detik.

BACA JUGA:Fikri/Bagas Ingin Lolos ke Olimpiade? Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Sementara itu, Odekta merupakan peraih dua emas SEA Games pada nomor maraton.

Pada SEA Games 2021, Odekta mengakhiri puasa gelar Indonesia setelah lebih dari satu dekade. Ia memenangkan nomor maraton dalam waktu 2 jam 55 menit 28 detik.

Prestasi itu berlanjut ke SEA Games 2023 saat Odekta menjadi yang terbaik dalam waktu 2 jam 48 menit 14 detik. 

Indonesia juga meloloskan tujuh atlet lain di Kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Ada Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa (panahan), Rahmat Adi Mulyono dan Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing), Fathur Gustafian (menembak), Rio Waida (selancar), serta Rifda Irfanaluthfi (senam).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: