Jalan Nasional Pantura Jawa Tengah Rusak Akibat Banjir, PUPR Janji Bereskan Sebelum H-10 Mudik Lebaran 2024

Jalan Nasional Pantura Jawa Tengah Rusak Akibat Banjir, PUPR Janji Bereskan Sebelum H-10 Mudik Lebaran 2024

Penanganan Jalan Nasional Provinsi Jawa Tengah oleh Kementerian PUPR jelang Mudik Lebaran 2024--Kementerian PUPR

DEMAK, HARIAN DISWAY - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melakukan penanganan jalan nasional yang sebelumnya terdampak banjir di wilayah Jawa Tengah.

Pada Jumat, 28 Maret 2024 kemarin, Kementerian PUPR telah menangani ruas Simpang Tiga Trengguli - Batas Demak/Kudus dengan melakukan pembersihan sampah sisa banjir dan aspal yang rusak, perbaikan lubang, serta dilanjutkan dengan overlay.

Direktur Pembangunan Jalan Direktorat Jenderal Bina Marga Wida Nurfaida menyampaikan bahwa jalur Simpang Tiga Trengguli dapat dipergunakan untuk lalu lintas dari Kudus ke Semarang mulai Rabu, 27 Maret 2024.

BACA JUGA:PUPR Akan Fungsikan 6 Ruas Jalan Tol Baru di Jawa dan Sumatera Untuk Dukung Kelancaran Mudik Lebaran 2024

Sedangkan rute dari Semarang yang mengarah ke Kudus sampai saat ini belum bisa dipergunakan. Untuk menempuh rute ini, Wida mengarahkan masyarakat agar menggunakan jalur alternatif dahulu untuk sementara waktu.

Menurut penuturan Wida, lalu lintas di rute ini ditargetkan akan kembali normal dan dapat dipergunakan di kedua lajur/arah kira-kira pada 31 maret 2024 mendatang.

Wida mengatakan, dampak dari kerusakan pasca banjir tergolong cukup ekstrem, khususnya di Jalan Raya Demak-Kudus. Kerusakan ini tentu akan mempengaruhi kelancaran penggunaan jalan nasional.

BACA JUGA:3.840 Tiket Mudik Gratis Dishub Jatim Ludes

“Diharapkan Kudus arah Semarang H-14 bisa diselesaikan dan Semarang ke arah Kudus selesai H-10 karena kondisi yang harus dilakukan perbaikan lebih panjang,” terang Wida saat Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Semarang, Rabu 27 Maret 2024.

Kemantapan jalan nasional ini juga menjadi perhatian Tim Kunker Komisi V DPR RI. Untuk itu, diharapkan penanganan jalan ini tidak berimbas pada arus mudik maupun arus balik Lebaran 2024.

Di tahun 2023, angka kemantapan jalan di Provinsi Jawa Tengah berada di angka 96,73 persen. Angka tersebut diharapkan Komisi V DPR RI untuk meningkat di tahun ini, mengingat Jawa Tengah menjadi lintasan utama pergerakan mudik masyarakat.

BACA JUGA:Operasional Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ Digabung, Berikut Penyesuaian Tarifnya

Pimpinan Tim Kunker Komisi V DPR RI Ridwan Bae meminta Kementerian PUPR untuk terus mengupayakan kelancaran Mudik Lebaran 2024 demi keselamatan, keamanan, dan pelayanan yang prima. 

Di samping itu, Kementerian PUPR juga akan mempersiapkan Jalan tol fungsional Solo-Yogya-NYIA Kulonprogo seksi Colomadu-Klaten sepanjang 22,3 km. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kementerian pupr