3.840 Tiket Mudik Gratis Dishub Jatim Ludes

3.840 Tiket Mudik Gratis Dishub Jatim Ludes

Kepala DInas Perhubungan Jatim Nyono memberi keterangan kepada awak media.-Instagram Dishub Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Antusiasme masyarakat Jawa Timur menyambut momen mudik lebaran 2024 ini sungguh luar biasa. Bagaimana tidak, sebanyak 3.840 tiket mudik gratis ludes dalam dua pekan. Hal itu dikonfirmasi oleh Kepala Seksi Sarana Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur Agung Heru Prasongko. "Iya benar, Kuota sudah habis per hari Rabu, 27 Maret 2024," ucap Agung kepada Harian Disway.

Dishub Jatim awalnya hanya menyediakan 90 armada bus dengan masing-masing bus terdiri dari 40 kursi penumpang. Bila ditotal sama dengan 3600 kursi kuota mudik. Dishub Jatim kemudian menambah 6 armada bus lagi pada Selasa, 26 Maret 2024. Penambahan ini seiring dengan membludaknya pendaftar program Mudik Bareng Gratis 2024. 

Enam armada bus tambahan tersebut, rinciannya tiga bus jurusan Surabaya - Ponorogo, dua bus arah Surabaya - Pacitan, dan satu bus untuk Surabaya - Trenggalek. Menurut Agung, tujuan-tujuan tersebut memang paling diminati warga. "Banyak (warga) yang tidak dapat tiket karena cepat habis. Baik (tiket) online maupun online)," terangnya.

BACA JUGA:Waspadai Penyakit Menular Ketika Mudik, IDI Sarankan Pakai Masker

BACA JUGA:Mudik Motor Gratis 2024 Masih Tersedia Ribuan Kuota Tiket, Cek Jadwal dan Cara Daftar

Selain itu, bus-bus tujuan Ngawi, Magetan, Tulungagung, dan Banyuwangi juga tak kalah menjadi incaran warga Jatim. 

Anda sudah tahu, Dishub Jatim akan menggelar program mudik gratis dengan pemberangkatan serentak pada 7 April 2024. Pendaftaran sudah dibuka secara hybrid. Pendaftaran online sejak 13 Maret sampai 20 Maret 2024. Sementara pendaftaran offline mulai 24 Maret 2024 di kantor Dishub Jatim.

Kepala Dishub Jatim Nyono mengatakan, program mudik gratis diadakan untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi pemudik. Terlebih, banyak terjadi kecelakaan lalu lintas pada arus mudik beberapa tahun terakhir. Lebih lanjut, Nyono menyebut mudik gratis tahun ini akan menjangkau 20 kabupaten/kota di Jatim.

Selain melalui transportasi darat, Dishub Jatim  juga menyediakan mudik gratis dengan Kapal Laut rute Pelabuhan Jangkar Situbondo ke Pulau Raas Sumenep. Pendaftaran sudah dibuka sejak Senin, 25 Maret 2024. Yang menarik, tidak hanya penumpang, mudik jalur laut ini juga menyediakan kuota untuk kendaraan. "Total ada 3.500 penumpang kemudian sepeda motor diangkut 2.100 (unit)," tandas Nyono. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: