Mengenal Muhammad Amin Indragiri, Bos Perusahaan Arab Saudi yang Melayani Jamaah Haji Indonesia

Mengenal Muhammad Amin Indragiri, Bos Perusahaan Arab Saudi yang Melayani Jamaah Haji Indonesia

Muhammad Amin Indragiri, pimpinan Mashariq, perusahaan Arab Saudi yang akan melayani jamaah haji asal Indonesia.-Media Center Haji-

BACA JUGA:Haji 2024 Diikuti 45 Ribu Lansia, 1 Petugas Layani 11 Lansia

BACA JUGA:Petugas Haji Akan Lindungi Jamaah dari Pemerasan Joki Hajar Aswad dan Pendorong Kursi Roda

Mashariq yang dulunya Muassasah, nama lainnya adalah Motawif Pilgrims for Southeast Asian Countries Co. Ini adalah perusahaan swasta yang menyediakan paket haji dan umrah. Perusahaan yang dipimpin Amin ini mendapat lisensi dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. Sudah cukup lama Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara bekerja sama dengan Amin. Baik sejak masih bernama Muassasah maupun setelah menjadi Mashariq.

Tugasnya menyediakan A-Z keperluan jamaah. Mulai menyediakan maktab di Arafah, toilet, katering, hingga bus bagi jamaah. Tahun ini, tidak hanya keperluan di Makkah, Arafah. Muzdalifah, dan Mina yang disediakan oleh Mashariq. "Kami juga mengurus yang di Madinah," kata Jauharah.

Tidak hanya haji reguler yang dilayani Mashariq. Perusahaan itu juga bekerja sama dengan sejumlah biro travel Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIKH) untuk pelayanan jamaah haji dan umrah.

Pemerintah Arab Saudi juga mengatur regulsi yang ketat untuk perusahaan penyedia jasa layanan bagi jamaah haji. Setiap perusahaan yang boleh melayani 10 ribu jamaah. Karena itu Mashariq kemudian memilik ratusan anak perusahaan agar bisa melayani seluruh jamaah haji Indonesia dan beberapa negara lainnya.


Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief (kiri) dan Amin Indragiri.-Media Center Haji-

Sebagai rasa senang kepada jamaah haji Indonesia, Amin berjanji akan mentraktir seluruh jamaah dengan makanan dari Albaik. Albaik adalah restoran siap saji di Arab Saudi yang memiliki menu utama ayam goreng. Restoran itu juga menjadi salah satu restoran favorit jamaah haji dan umrah Indonesia. "Kami siapkan Albaik sekadar untuk snack di perjalanan pulang," kata  Amin.

Berbagai fasilitas bagi jamaah haji 2024 telah ditambah. Antara lain toilet dan bus yang pada musim haji 2023 dikeluhkan. Mashariq berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi jamaah haji Indonesia. Mereka juga siap bekerja sama dengan petugas haji Indonesia dalam melayani jamaah, terutama jamaah lansia. Apalagi tagline haji tahunini aalah Haji Ramah lansia. (*)

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: