Mengajari Anak Untuk Berpuasa Tanpa Paksaan

Mengajari Anak Untuk Berpuasa Tanpa Paksaan

Ilustrasi. Mengajari anak untuk berpuasa memerlukan kesabaran, ketelatenan, dan teknik khusus-Devona Vaiya/Harian Disway -

Kemudian kita perkenalkan mengenai sahur untuk memenuhi kebutuhan dan tingkat energi selama berpuasa.

Selain mengajarkan anak puasa selama beberapa waktu secara bertahap, cara melatih anak puasa sejak dini adalah dengan puasa konsumsi makanan atau minuman tertentu.


Contohnya ketika anak Moms senang mengonsumsi roti, cobalah mengajarkannya untuk menghindari makan roti selama puasa.

Dengan begitu, anak bisa belajar menahan diri dari perasaan lapar dan haus selama berpuasa. Ini juga dapat mengajarkan anak tentang kesabaran, karena mereka tetap bisa menyantap makanan favoritnya saat memasuki waktu buka puasa. 

Selain itu, cara ini memberikan pembelajaran pada anak tentang menghargai makanan dan minuman, sehingga mereka akan senantiasa bersyukur atas nikmat Allah SWT.

3. Memilah makanan dan minuman yang tepat untuk bersahur dan berbuka

Moms dan daddy dapat menciptakan suasana bahagia dan perayaan ketika berbuka puasa dengan memasakan makanan favorite anak. Hal ini diharapkan dapat menjadikan semangat untuk anak melakukannya.

Sebaiknya menghindari makanan yang menyebabkan lebih cepat haus atau mengiritasi lambung seperti makanan asin, gorengan, atau makanan pedas dan asam. Senantiasa mengingatkan pentingnya minum air putih agar tidak kekurangan cairan saat menjalani puasa. 


Ilustrasi. Mengajari anak untuk berpuasa memerlukan kesabaran, ketelatenan, dan teknik khusus-freepik-

Moms and dad juga dapat mengkombinasi menu setiap harinya disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi anak.

4. Mengarahkan anak agar tidak berlebihan saat berbuka puasa

Saat berbuka adalah yang selalu dinantikan oleh anak, terutama saat menit menit menunggu adzan maghrib berkumandang. Namun perlu diperhatikan bahwa perubahan kebiasaan makan yang cepat dapat mengiritasi perut anak.

Sehingga sebaiknya memberikan contoh kepada anak mengenai berbuka dengan perlahan, tidak makan berlebihan, tidak makan dalam porsi yang besar sekaligus, agar pencernaan anak dapat memproses dengan optimal.

5. Melakukan kegiatan yang menyenangkan selama Berpuasa Ramadhan

Ketika berpuasa sambil sekolah, anak akan terlihat lebih mudah lelah dan sensitif. Sehingga sebagai orang tua, kita perlu ekstra mengawasi dan memberikan perhatian khusus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: