Pekan Panutan Pajak Kota Pasuruan, Pembayaran PBB P2 Semakin Modern

Pekan Panutan Pajak Kota Pasuruan, Pembayaran PBB P2 Semakin Modern

Para ASN Pemkot Pasuruan menyosialisasikan kemudahan pembayaran PBB P2 yang modern-Lailiyah Rahmawati-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Badan Pendapatan Daerah Kota Pasuruan (Bapenda) menggelar Pekan Panutan Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Gedung Gradika, Rabu, 27 Maret 2024. Acara tersebut turut menyosialisasikan kemudahan pembayaran PBB P2 sekarang yang lebih modern dan mudah. 

Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo mengatakan, keberhasilan pemungutan PBB-P2 tidak hanya tertumpu pada azas hukum serta kuantitas atau kualitas pemungut yang memadai. tetap juga bergantung pada tingkat kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.

“Tanpa kesadaran bersama tentang pentingnya membayar pajak maka realisasi penerimaan pajak tidak dapat tercapai. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan kesadaran masyarakat untuk taat membayar pajak. Kesadaran membayar pajak ini harus dibangun,” ujar Mas Adi.

Terlebih saat ini, Pemkot Pasuruan telah berupaya memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pembayaran pajak PBB-P2 secara online melalui e-commerce (indomaret, alfamart, shopee dan dana) dan kanal pembayaran digital antara lain M-banking, virtual account, QRIS, dan mobil keliling Bapenda.

BACA JUGA:Pemkot Pasuruan Menggelontorkan Bantuan Cadangan Pangan untuk 1500 Warga

BACA JUGA:TP PKK Kota Pasuruan Gelar Pengajian Umum di Tahun Ketiga

“Dengan kemajuan teknologi dan inovasi yang ada, pembayaran pajak PBB sudah semakin mudah secara online. Layanan jaringan internet pun sudah masuk ke tiap RW di Kota Pasuruan, ini diharapkan menjadi daya dukung bagi masyarakat untuk memberikan kemudahan dalam membayar pajaknya,” ungkapnya

Untuk itu, Mas Adi mengajak seluruh masyarakat untuk melaksanakan kewajiban membayar pajak sesegera mungkin. Mengingat, pajak menjadi salah satu sumber PAD yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan berbagai sektor lainnya yang bertujuan untuk kesejahteraan dan kemakmuran Kota Pasuruan.

BACA JUGA:Buka Bersama di Kelenteng Tjoe Tiek Kiong, Wawali Pasuruan Adi Wibowo Ingatkan Harmonisasi Umat Beragama

BACA JUGA:Gus Ipul Ingatkan BPR Kota Pasuruan untuk Modernisasi Pelayanannya

“Saya minta kepada Bapenda, Camat dan Lurah untuk selalu melakukan pemantauan terhadap petugas pemungut PBB-P2. Lakukan koordinasi dan melibatkan ketua RT dalam penyampaian SPPT PBB-P2 kepada wajib pajak,” ucapnya

Mas Adi juga berharap Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Pasuruan untuk taat menjadi tauladan warga Kota Pasuruan dalam membayar pajak tepat waktu tanpa menunggu saat jatuh tempo.

“Saya juga berpesan kepada para ASN di lingkungan pemerintah kota pasuruan untuk turut berpartispasi aktif dan menjadi teladan bagi masyarakat untuk membayar PBB-P2 tepat waktu,” tutur Mas Adi

Pada kesempatan ini, dilakukan peluncuran SPPT PBB (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan) P2 tahun 2024 sejumlah 200 orang. Selain itu, juga dilakukan pemberian apresiasi kepada camat dan lurah atas capaian penerimaan PBB-P2 tahun 2023, penyerahan daftar himpunan ketetapan pajak PBB-P2 Tahun 2024 kepada camat di lingkungan pemerintah Kota Pasuruan, serta dilakukan pembayaran PBB-P2 bersama Wakil Walikota Pasuruan dan tamu undangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: