Kemenhub Tambah 10 Ribu Kursi Tiket Mudik-Balik Gratis

Kemenhub Tambah 10 Ribu Kursi Tiket Mudik-Balik Gratis

Salah satu armada bus yang akan digunakan untuk mudik gratis Kemenhub.-Kemenhub-

HARIAN DISWAY - Kabar gembira. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) membuka kembali pendaftaran mudik gratis untuk transportasi bus. Tak tanggung-tanggung, kuota tambahan yang disediakan sebanyak 10 ribu kursi. Baik untuk arus mudik maupun arus balik.

Sebelumnya, Ditjen Perhubungan Darat telah menyediakan kuota mudik gratis bus sebanyak 30.088 kursi. Pendaftarannya sudah dibuka sejak 6 Maret 2024. Namun, 30 ribu kuota tersebut ludes seiring besarnya antusiasme masyarakat yang mendaftar mudik gratis.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno menuturkan, tambahan 10 ribu kuota ini diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat sebaik-baiknya. Lanjut Hendro, sistem pendaftaran yang diterapkan sama seperti sebelumnya. Yakni siapa cepat dia dapat. 

"Dengan ini maka Ditjen Hubdat menyediakan kuota seluruhnya 40.088 orang untuk mudik gratis 2024," ucapnya di Jakarta, Jumat 29 Maret 2024. 

BACA JUGA:Kemenhub Tambah Lagi Kuota Mudik Gratis Dengan Bus Hingga 40 Ribu Orang, Siapa Cepat dia Dapat

BACA JUGA:3.840 Tiket Mudik Gratis Dishub Jatim Ludes

Secara rinci, kuota 10.000 kursi ini terdiri dari 8.680 kursi untuk penumpang arus mudik dan 1.320 kursi untuk penumpang arus balik.

Pendaftaran sudah dibuka sejak Sabtu, 30 Maret 2024 melalui aplikasi MitraDarat. Pendaftaran kemudian akan ditutup apabila kuota sudah terpenuhi alias habis. Pada tambahan kuota mudik gratis kali ini, Ditjen Perhubungan Darat menyiapkan 26 kota tujuan untuk arus mudik.

Antara lain: Garut, Cirebon, Blora, Boyolali, Cilacap, Tegal, Demak, Jepara, Kebumen, Klaten, Magelang, Madiun, Pati, Malang, Pekalongan, Purwokerto, Semarang, Sragen, Solo, Wonosobo, Tulungagung, Tuban, Wonosari, Bengkulu, Palembang, dan Lampung.

BACA JUGA:Prioritaskan Santri, Dishub Jatim Sebut Mudik Gratis Jalur Laut Hanya Layani Satu Rute

BACA JUGA:Pemprov Jatim Adakan Mudik Gratis Jalur Laut, Simak Rute dan Cara Daftarnya!

Sedangkan untuk arus balik, ada tujuh kota tujuan yang ditawarkan pada tambahan kuota mudik gratis. “Ada Semarang, Purwokerto, Solo, Surabaya, Wonogiri, Yogyakarta, dan Madiun,” tandas Hendro. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: