Melalui Prabowo, Xi Jinping Titip Salam Kepada Jokowi

Melalui Prabowo, Xi Jinping Titip Salam Kepada Jokowi

Pertemuan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Presiden Tiongkok Xi Jinping di Beijing, Senin, 1 April 2024. -Kemenhan RI-

HARIAN DISWAY – Tiongkok menjadi negara pertama yang dikunjungi Presiden Joko Widodo usai dilantik sebagai presiden pada 2014 silam. Kini, giliran Xi mengundang Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih ke Tiongkok. Tiongkok pun menjadi negara pertama yang dikunjungi Prabowo setelah resmi terpilih sebagai presiden 2024-2029. 

Keduanya bertemu empat mata di the Great Hall of the People, Beijing, pada Senin sore waktu setempat, 1 April 2024. Xi kembali mengucapkan selamat kepada Prabowo atas kemenangannya di Pilpres 2024 sembari menitip salam untuk Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Xi memuji hubungan dengan Indonesia. Memaparkan visi perdamaian regional di tengah ketegangan dengan negara tetangga lainnya di Asia Tenggara. “Hubungan bilateral telah memasuki tahap baru dalam membangun komunitas dengan masa depan bersama,” ujar Xi kepada Prabowo dilansir dari Agence-France Presse.

BACA JUGA:Peningkatan Konsumsi dan Pergerakan Masyarakat jadi Indikator Utama Pendongkrak Ekonomi Lebaran Tahun Ini

BACA JUGA:Kerja Sama dengan Saudia Airlines, Persada Indonesia Siap Berangkatkan 10 Ribu Jemaah Umrah

Tiongkok bahkan bersedia memperdalam kerja sama strategis menyeluruh membangun komunitas Tiongkok-Indonesia. Yang diharapkan berpengaruh secara regional dan global. Sehingga dapat memberikan lebih banyak manfaat bagi kedua bangsa dan memberi kontribusi positif bagi perdamaian dan pembangunan dunia.


Prabowo Subianto memenuhi undangan Presiden Tiongkok Xi Jinping, Senin, 1 April 2024.-Kemenhan RI-

Xi juga memuji inisiatif kerja sama membangun kereta cepat Whoosh yang baru diresmikan beberapa waktu terakhir. Ia menyebutnya sebagai "tanda emas” kerja sama berkualitas tinggi antara kedua negara. 

Menurutnya, kunci hubungan yang kuat dengan Indonesia terletak pada kepatuhan terhadap kemandirian strategis, rasa saling percaya, dan saling membantu serta keadilan bersama. 

BACA JUGA:Kini Urus Visa Jepang Bisa di 5 Kota, Termasuk Surabaya dan Bali

BACA JUGA:Menhan Prabowo Tiba di Beijing, Disambut Hangat oleh Pejabat Tinggi Tiongkok

Prabowo senang menjadikan Tiongkok sebagai negara pertama yang ia kunjungi setelah terpilih menjadi presiden. Ia berkomitmen mendukung pengembangan hubungan yang lebih mesra dengan Tiongkok dan akan melanjutkan kebijakan pemerintah saat ini terkait hubungan bilateral dengan Tiongkok.

“Suatu kehormatan mendapat undangan dan diterima langsung oleh Presiden Xi Jinping di Beijing, RRT,” kata Prabowo dalam keterangan foto yang diunggahnya diunggahnya di Instagram @prabowo.


Prabowo sampaikan salam Jokowi kepada Xi Jinping, 1 April 2024.-Kemenhan RI-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: