Menparekraf Keluarkan Edaran Untuk Pengelola Destinasi Wisata Menjelang Liburan 2024

Menparekraf Keluarkan Edaran Untuk Pengelola Destinasi Wisata Menjelang Liburan 2024

Kemenparekraf bekerjasama dengan jaringan desa wisata untuk menyediakan informasi lengkap tentang destinasi wisata selama mudik lebaran 2024-Kemenparekraf-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) memastikan kesiapan destinasi wisata dengan mengeluarkan Surat Edaran tentang Penyelenggaraan Kegiatan Wisata yang Aman, Nyaman, dan Menyenangkan pada Saat Libur Mudik dan Idul Fitri 1445 H.

“Surat ini dapat direplikasi seluruh Pemerintah Daerah untuk diedarkan di daerah masing-masing. Kemenparekraf akan berkoordinasi secara intensif dengan pihak-pihak terkait seperti Kemenhub, Kemenkes, Kepolisian, dan BASARNAS setempat,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam dalam The Extended Weekly Brief With Sandi Uno di Hotel Manhattan, Jakarta pada Senin, 1 April 2024.

Sandiaga mengatakan akan memastikan kesiapan destinasi wisata dalam hal keamanan, keselamatan, dan pelayanan prima. Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf Hariyanto turut menyebutkan Surat Edaran ini akan diedarkan ke berbagai komunitas, pelaku pariwisata, serta ekonomi kreatif di tiap daerah.

BACA JUGA:Bagasi Penumpang Kereta Dibatasi Maksimal 20 Kilogram Pada Masa Mudik Lebaran 2024

“Koordinasi terus dilakukan dengan berbagai pihak dan juga untuk memantau khususnya selama rentang waktu liburan ini memulai pemantauan intensif sudah disiapkan, secara persiapan sudah dilakukan pada 26-27 Maret 2024 yang lalu dan akan diintensifkan pada rentang liburan nanti 5-15 April 2024,” ucap Hariyanto.  

Lebih lanjut, Kemenparekraf telah menyediakan platform Sisparnas (Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional: https://sisparnas. kemenparekraf.go.id) sebagai bagian dari upaya pemantauan aktivitas wisata.

 
Kemenparekraf keluarkan Surat Edaran untuk mempersiapkan destinasi wisata pada momen libur Idul Fitri 1445 H. ---Kemenparekraf

“Di sini bisa terpotret data-data secara real time terutama untuk beberapa destinasi yang indikasinya kuat untuk mengunjungi oleh para pemudik yang tentu saja akan berkunjung ke destinasi-destinasi di daerahnya, terutama di Jawa Barat, Jawa tengah, DIY, dan Jawa Timur,” papar Hariyanto. 

BACA JUGA:BMKG Buat Layanan Modifikasi Cuaca Standby On Call dan Posko BMKG di 38 Provinsi Selama Mudik Lebaran 2024

Selain itu, Kemenparekraf turut menyediakan platform Jadesta (jaringan desa wisata) agar para wisatawan dapat mengakses profil, aktivitas, hingga saran destinasi di desa wisata pada momen liburan Idul Fitri mendatang. Hariyanto menyebut, saat ini Jardesta telah bekerja sama dengan 5.280 desa wisata. 

Kemenparekraf memperkirakan ada lima provinsi yang masuk dalam destinasi utama perjalanan mudik, diantaranya DIY, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Serta sembilan destinasi favorit kunjungan wisatawan pada momen libur lebaran 2024, yakni Malioboro, Ciwidey, Pangandaran, Parangtritis, Puncak Bogor, Ragunan, Lembang, Borobudur, dan Bromo. (Isro Nur Siti Khotidjah)

Sumber: