BMKG Buat Layanan Modifikasi Cuaca Standby On Call dan Posko BMKG di 38 Provinsi Selama Mudik Lebaran 2024

BMKG Buat Layanan Modifikasi Cuaca Standby On Call dan Posko BMKG di 38 Provinsi Selama Mudik Lebaran 2024

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) pada Senin, 01 April 2024--tangkapan layar youtube FMB9

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) paparkan pemberlakuan layanan modifikasi cuaca standby on call serta kesiagaan posko BMKG di 38 Provinsi selama musim mudik lebaran.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) pada Senin, 01 April 2024, mengingat masih adanya potensi cuaca ekstrem selama pergerakan mudik lebaran.

“Untuk posisi pengamanan lebaran ini kita menyiapkan kegiatan modifikasi cuaca itu dalam kondisi standby on call artinya daerah mana yang nanti akan mengalami kondisi cuaca memburuk itu akan dilakukan pemanggilan,” ujar Guswanto.

BACA JUGA:Amankan Pemudik, Kapolri Pastikan Kawal Daerah Rawan

Layanan standby on call sendiri berlaku untuk seluruh wilayah di Indonesia, terutama untuk daerah yang memerlukan tindakan modifikasi cuaca untuk meminimalisir dampak dari kondisi cuaca ekstrem. 


Pemudik dengan kapal laut diminta waspada dan selalu memantau perkembangan cuaca dari BMKG-Kemenhub-

“Pada prinsipnya teknologi modifikasi cuaca ini bisa digunakan untuk menangani kondisi cuaca ekstrem agar tidak terlalu ekstrem seperti itu,” terang Guswanto.

Modifikasi cuaca ekstrem sebenarnya dapat dilakukan melalui beberapa metode seperti menggunakan Ground Based Generator (GBG), Flare, ataupun dengan penyebaran garam (NaCl).

BACA JUGA:Tiket Mudik Gratis Rawan Diperjualbelikan Calo, Kemenhub Akan Lakukan Screening Ulang di Hari Keberangkatan

Diantara ketiga metode tersebut, diakui Guswanto penggunaan NaCl merupakan yang paling mudah dan memungkinkan jika melihat pada kemampuan teknologi yang dimiliki.

Oleh Karena itu, metode modifikasi cuaca dengan NaCl ini menjadi pilihan BMKG.


Tim Persemaian TMC bersiap untuk melepas material NaCl ke udara dari pesawat Cessna Grand Caravan-BNPB-

Di samping itu, Guswanto juga menuturkan bahwa BMKG akan menyediakan posko yang bertempat di 38 Provinsi. Nantinya,160 Unit Pelaksana Teknis (UPT) akan menempati posko BMKG di setiap Bandara. 

Lebih lanjut, terkait arus mudik pihak BMKG akan membagikan informasi seputar arus mudik melalui RRI, aplikasi info BMKG, call center 196, serta melalui berbagai sosial media.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fmb9