Tiket Angkutan Motis 2024 Masih Ada, Yuk Segera Daftar Agar Mudik Hemat Cuma dengan Rp 10 Ribu

Tiket Angkutan Motis 2024 Masih Ada, Yuk Segera Daftar Agar Mudik Hemat Cuma dengan Rp 10 Ribu

Program Angkutan Motor Gratis (Motis) 2024 atau mudik naik kereta sekaligus angkut motor penumpang masih dibuka. Pendaftaran program yang dicanangkan oleh DJKA Kemenhub ini telah dibuka mulai 4 Maret-18 April 2024. -disway.id-

HARIAN DISWAY - Program Angkutan Motor Gratis (Motis) 2024 atau mudik naik kereta sekaligus angkut motor penumpang masih dibuka. Pendaftaran program yang dicanangkan oleh DJKA Kemenhub ini telah dibuka mulai 4 Maret hingga 18 April 2024.

Program dengan penawaran harga yang murah itu membuat para calon penumpang sudah bisa merasakan suasana mudik yang aman dan hemat menggunakan layanan kereta api. Berikut motornya pula.

Bagi yang berminat, masyarakat diharapkan dapat segera melakukan pembelian tiket segera karena volume penumpang kereta api itu diperkirakan meningkat menjelang Lebaran 2024.

BACA JUGA: Kemenhub Kembali Sediakan Mudik Motor Gratis Tahun Ini, Simak Syarat Dan Ketentuannya 

Berikut informasi jadwal penyelenggaraan program Angkutan Motis 2024:

  • Pembukaan pemesanan tiket penumpang, pada 4 Maret - 18 April 2024.
  • Pemberangkatan Angkutan Motis Arus Mudik, pada 2 - 8 April 2024.
  • Pemberangkatan Angkutan Motis Arus Balik, pada 13 - 19 April 2024.

Tersedia 28.196 kuota penumpang dan 12.180 kuota unit motor yang bisa diangkut pada penyelenggaraan Angkutan Motis 2024 ini. Adapun rute perjalanan kereta Angkutan Motis 2024 tersedia pada 3 jalur.

  • rute lintas utara (PP): Cilegon-Jakarta Gudang-Cirebon-Prujakan-Tegal-Pekalongan-Semarang Tawang.
  • rute lintas tengah (2xPP): Jakarta Gudang (Kampung Bandan)-Cirebonprujakan-Purwokerto-Kroya-Kutoarjo.
  • rute lintas selatan (PP): Jakarta Gudang (Kampung Bandan)-Kiaracondong-Kroya-Gombong-Kebumen-Lempuyangan-Purwosari-Madiun.

Mengenai pembelian tiket, calon penumpang dapat melakukan pembelian tiket dengan harga yang terjangkau yakni Rp 10 ribu sampai dengan Rp 20 ribu.

Untuk jarak batas parsial 0-290 km akan dikenakan tarif penumpang Rp 10 ribu dan dengan jarak batas parsial >290 km dikenakan tarif Rp 20 ribu.

Setiap penumpang difasilitasi maksimal 2 tiket untuk pengiriman motor selama persediaan tiket masih ada. Sebagai informasi, pembelian tiket untuk KA Antarkota bisa dilakukan H-45 sebelum keberangkatan.

Mengenai persyaratan pendaftaran Angkutan Motis 2024 ini, penumpang dapat memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.

  • KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga, STNK,
  • Besaran motor <200 CC,
  • Mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk. Mendaftar dengan menyampaikan e-mail aktif.

Setelah melakukan pendaftaran pada link tersebut, para calon penumpang wajib menyerahkan motor 1x24 jam sebelum keberangkatan kereta pada posko yang sudah disebutkan pada pendaftaran tiket.

BACA JUGA: Mudik Motor Gratis 2024 Masih Tersedia Ribuan Kuota Tiket, Cek Jadwal dan Cara Daftar

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Arif Anwar mengimbau masyarakat untuk bisa memaksimalkan adanya layanan Angkutan Motis 2024 ini.

“Ayo manfaatkan Angkutan Motis 2024 dan jangan memaksakan diri mudik naik motor karena sangat berbahaya bagi diri kita dan pengendara lainnya,” terang Arif dikutip dari laman Disway.id. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: