Perayaan Unik Tiap 4 April, Ada Hari Wortel Internasional Sampai 404, Apa Itu?

Perayaan Unik Tiap 4 April, Ada Hari Wortel Internasional Sampai 404, Apa Itu?

Tanggal 4 April memperingati hari apa? Ada Hari Wortel Internasional. --ilustrasi

BACA JUGA:Kilas Balik Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api 24 Maret 1946

Hari Lahir Persandian Nasional


Tanggal 4 April memperingati hari apa? Ada Hari Lahir Persandian Nasional. --BSSN

Setiap tanggal 4 April, kita memperingati Hari Lahir Persandian Nasional. Sebuah momen penting yang menandai berdirinya Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagai lembaga keamanan informasi Indonesia saat ini.

Sejarah dari hari lahir Persandian Nasional ini dapat ditelusuri kembali ke tahun 1946. Saat Menteri Pertahanan Amir Syarifoeddin menyadari kebutuhan akan keamanan komunikasi di lingkungan Kementerian Pertahanan dan Angkatan Perang Republik Indonesia.

Pada 4 April 1946, Mayor Jenderal TNI Dr Roebiono Kertopati diberi tugas untuk membentuk Dinas Kode. Dinas itu menjadi cikal bakal dari BSSN yang kita kenal saat ini. Langkah itu menandai awal dari upaya serius pemerintah dalam mengamankan informasi rahasia negara.

Peringatan Hari Lahir Persandian Nasional bertujuan untuk mengenang dan menghargai pembentukan Dinas Kode sebagai tonggak awal dalam upaya perlindungan informasi sensitif. Hal itu juga menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan data dan informasi di era digital saat ini.

BACA JUGA:Kisah di Balik Ditetapkannya Hari Musik Nasional 9 Maret: Berawal dari Surabaya Full Music

BACA JUGA:Sejarah di Balik Perayaan Hari Air Sedunia 22 Maret

Hari 404


Tanggal 4 April memperingati hari apa? Ada Hari 404. --ilustrasi

Setiap tahun, pada 4 April, AS merayakan Hari 404 atau yang dikenal sebagai 404 Day. Perayaan itu bukanlah semata-mata sebuah perayaan biasa. Tetapi merupakan bagian dari upaya serius Electronic Frontier Foundation (EFF), sebuah organisasi aktivis yang berkomitmen untuk melindungi kebebasan dan privasi online.

So, 404 Day tidak hanya sekadar peringatan. tetapi juga kampanye yang bertujuan untuk mengingatkan semua orang akan keterbatasan dan ketidakadilan yang ada di dalam dunia internet. yang sering disebut sebagai the information superhighway atau jalur informasi super cepat.

Meskipun internet menawarkan akses yang luas terhadap pengetahuan dan informasi, namun masih banyak hambatan dan ketimpangan yang harus diatasi, terutama terkait dengan akses internet di sekolah dan perpustakaan umum bagi anak-anak.

BACA JUGA:Hari Ini 29 Februari Memperingati Apa? Ada Hari Kabisat yang Terjadi 4 Tahun Sekali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber