10,65 Juta Pemudik Pakai Jalur Laut, Kapolri Sarankan Berangkat Siang, Ini Alasannya..

10,65 Juta Pemudik Pakai Jalur Laut, Kapolri Sarankan Berangkat Siang, Ini Alasannya..

Kapolri himbau masyarakat untuk pergunakan jalur mudik melalui penyeberangan laut pada siang hari. --Disway.id

HARIAN DISWAY - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyarankan masyarakat yang mudik lewat jalur penyeberangan laut untuk berangkat siang hari.

Listyo berharap upaya itu dapat meminimalisir antrean panjang penyeberangan laut.  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan akan ada 10,65 juta masyarakat yang mudik melalui jalur laut.

“Saya pesankan kepada masyarakat bahwa alternatif-alternatif daerah penyeberangan ASDP, kecenderungannya masyarakat masih memanfaatkan untuk mudiknya malam hari," kata Listyo.

"Dalam kesempatan ini, kami  mengimbau bahwa siang juga waktunya cukup lenggang dan tentunya juga bisa mengurangi antrean yang cukup panjang," ujar Kapolri dalam apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2024 di Monas, Jakarta Pusat pada rabu, 3 April 2024.

BACA JUGA:Jumlah Pemudik di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Meningkat Dibanding Arus Mudik Tahun Lalu

BACA JUGA:Suguhkan Pemandangan Indah, Jalur Pansela Jadi Opsi Mudik Lebaran 2024

Kemenhub memprediksi jumlah pemudik 2024 mencapai 193,6 juta orang.  Angkanya meningkat 56,4 persen dibandingkan dengan tahun 2023.

Presiden Joko Widodo mengimbau dan mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal dan tentunya pelaksanaan dan pengamanan terkait dengan arus mudik dan balik ini betul-betul bisa dilaksanakan dengan lebih baik,” katanya.

Selain itu, jenderal bintang tempat itu memastikan keterbukaan Korps Bhayangkara untuk memberikan bantuan bagi masyarakat yang menghadapi masalah selama momen mudik lebaran kali ini.

“Bila mungkin ada kekhawatiran terkait masalah kerawanan di jalan, silahkan dilaporkan dan kami Polri siap untuk mengawal,” ujar Listyo. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: