Suguhkan Pemandangan Indah, Jalur Pansela Jadi Opsi Mudik Lebaran 2024

Suguhkan Pemandangan Indah, Jalur Pansela Jadi Opsi Mudik Lebaran 2024

Pemandangan Jalan ruas Pansela Jatim di Lumajang. Pemerintah masih terus mengerjakan agar jalur sepanjang lebih dari 600 kilometer ini bisa tersambung -Kementerian PUPR-

HARIAN DISWAY - Jalan Nasional Pantai Selatan Jawa (Pansela) bisa jadi jalur alternatif untuk mudik Lebaran 2024. Jalan yang membentang di sisi selatan Pulau Jawa ini juga dikenal dengan panorama alamnya yang indah. 

Sepanjang 1.311,32 kilometer, Anda juga akan disuguhkan bermacam pilihan tempat wisata hingga kuliner lokal yang menarik untuk disinggahi.

Jalur Pansela melintasi 5 provinsi di pesisir selatan Pulau Jawa.Yakni Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Provinsi Jawa Timur.

Hal itu dikatakan oleh Kasubdit 1C Direktorat Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Agung Prabowo.

BACA JUGA: 3 Ruas Jalur Pansela Jatim Sepanjang 90 Km Rampung dan Siap Diresmikan.

"Jalur Pansela membentang dari Banten sampai dengan Banyuwangi dan sudah terbangun 1.311,32 kilometer, dari rencana total panjang jalan yang akan dibangun sekitar 1.547,39 kilometer," ungkap Agung dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 3 April 2024.

Kehadiran jalan Pansela memperluas opsi jalur untuk dilintasi pemudik di Pulau Jawa. Adapun pilihan yang tersedia yaitu jalur pantai utara, jalan tol Trans Jawa, jalur tengah, dan pilihan jalur pantai selatan

Dengan begitu, kepadatan lalu lintas di masa mudik lebaran 2024 bisa terurai dan memangkas waktu tempuh mudik.

"Ditjen Bina Marga secara bertahap juga sudah membangun serta meningkatkan jalan dan jembatan di jalur Pantai Selatan Pulau Jawa (Pansela)," kata Agung.

BACA JUGA: Jalur Pansela di DIY Rampung Tahun 2024

Kemerinterian PUPR juga terus mengupayakan berbagai proyek infrastruktur yang mendukung kemudahan akses jalan di wilayah Pulau Jawa bagian selatan.

Agung juga menuturkan bahwa pembangunan jalur Pansela memberi dampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitar. Terlihat dari banyaknya masyarakat yang berjualan di tempat wisata sepanjang jalur Pansela. 

Tak hanya itu, guna mengoptimalkan jalur tersebut, kementerian PUPR membangun rest area agar pengendara bisa beristirahat sejenak. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: