Sosialisasi Ideologi Memerlukan Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila

Sosialisasi Ideologi Memerlukan Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila

Kegiatan Sosialisasi Pancasila melalui Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila untuk para guru di Daerah Istimewa Yogyakarta-BPIP-

YOGYAKARTA, HARIAN DISWAY – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan Sosialisasi Pendidikan Pancasila melalui Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila untuk para guru di Daerah Istimewa YOGYAKARTA (DIY). Acara digelar di Gedung Prof Amin Abdullah UIN Sunan Kalijaga, pada Rabu, 3 April 2024. 

Kepala BPIP Prof Drs KH Yudian Wahyudi MA PhD menjadi keynote speaker dalam acara tersebut. 

"Kenikmatan kemerdekaan yang diberikan oleh Allah SWT membuat bangsa Indonesia memiliki segalanya. Termasuk keberkahan dan kesehatan yang memungkinkan kita semua hadir dalam acara Sosialisasi Pancasila BTU Pendidikan Pancasila ini," ucap Prof Yudian. 

BACA JUGA:BPIP Ajak Peserta Sarasehan di Yogyakarta Memaknai Kemerdekaan

BACA JUGA:Pemprov Jatim Bantu Trenggalek Bebaskan Jalur Pansela, Butuh Rp 200 Miliar!

Menurut Yudian, BPIP menyeleggarakan acara tersebut untuk menguatkan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP).

"Proklamasi Indonesia yang berlangsung pada 9 Ramadan menjadi momen penting untuk mengingatkan bahwa Pancasila adalah dasar negara yang harus dijunjung tinggi oleh semua elemen masyarakat, termasuk umat Muslim sebagai mayoritas di Indonesia," tambah lulusan Harvard Law School tersebut.


Kepala BPIP Prof Drs KH Yudian Wahyudi MA PhD-BPIP-

Peran pahlawan dan pejuang kemerdekaan Indonesia begitu besar. Oleh karena itu, sebagai Warga Negara Indonesia, dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila tidak boleh melupakan jasa pahlawan.

"Dengan menghormati dan menghayati nilai-nilai Pancasila, kita sebagai warga negara Indonesia dapat terus memperkuat persatuan dan kesatuan, serta menjaga keberagaman sebagai kekayaan bangsa," kata Yudian. 

BACA JUGA:Liga 1 Mulai Lagi 15 April, Paul Munster Rombak Jadwal Latihan Persebaya

BACA JUGA:Menteri ESDM Cek Kesiapan Pertamina di Surabaya, Pastikan Stok BBM dan LPG Lancar

Prof Yudian menekankan pentingnya kesepakatan antara pemerintah dan guru-guru mengenai perspektif dan materi PIP. Juga perlunya, peningkatan kompetensi guru dalam implementasi nilai-nilai Pancasila sebagai sumber hukum negara dan kesepakatan tertinggi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


Peserta dan pemateri Sosialisasi Pendidikan Pancasila melalui Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila di UN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. -BPIP-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: