Sambut Angkutan Lebaran 2024, KAI Daop 8 Surabaya Selenggarakan Apel Gelar Pasukan

Sambut Angkutan Lebaran 2024, KAI Daop 8 Surabaya Selenggarakan Apel Gelar Pasukan

KAI Daop 8 Surabaya menyelenggarakan Apel Gelar Pasukan sebagai persiapan angkutan Lebaran 2024. --Humas Daop 8 Surabaya

SURABAYA, HARIAN DISWAY - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya melaksanakan Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2024 di kalaman Kantor Daop 8 Surabaya pada Jumat, 5 April 2024.

Apel dipimpin Executive Vice President (EVP) KAI Daop 8 Surabaya Wisnu Pramudyo diikuti oleh 581 personel keamanan dan ketertipan (Kamtib) yang terdiri dari 134 Polsuska, 378 sekuriti serta 69 eksternal (TNI/Polri).

Apel itu menandai hari pertama dilaksanakannya posko Angkutan Lebaran KAI dalam rangka melayani masyarakat yang menggunakan moda angkutan kereta api sejak 5-16 April 2024.

BACA JUGA: KAI Commuter Daop 8 Surabaya Prediksi 930.853 Orang Gunakan Commuter Line, Sediakan 60 Perjalanan Tiap Hari

Wisnu mengatakan seluruh jajaran manajemen KAI Daop 8 Surabaya akan melaksanakan posko Angkutan Lebaran untuk memastikan operasional perjalanan kereta api aman serta pelayanan kepada pelanggan berjalan optimal.

"KAI Daop 8 telah menyiapkan segala sumber daya untuk melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan KAI Daop 8 mencakup SDM, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan," tutur Wisnu.

Adapun sebagai langkah peningkatan keamanan dan ketertiban dalam perjalanan kereta api, stasiun, dan jalur kereta api, KAI Daop 8 Surabaya melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat serta senantiasa meningkatkan pengamanan operasi.

BACA JUGA: KAI Commuter Daop 8 Surabaya Prediksi 930.853 Orang Gunakan Commuter Line, Sediakan 60 Perjalanan Tiap Hari

KAI Daop 8 Surabaya juga telah memetakan 9 daerah perhatian khusus sebagai upaya mitigasi gangguan KA selama periode angkutan Lebaran.

Yakni dengan mengerahkan 98 personel ekstra yang terdiri dari 41 petugas pemeriksa jalur ekstra, 30 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, dan 27 petugas daerah pemantauan khusus.

KAI Daop 8 Surabaya terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap titik yang memiliki potensi rawan, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya, memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat.

Serta meningkatkan penjagaan di perlintasan liar dengan berkoordinasi aktif serta mengoptimalkan seluruh stakeholders termasuk masyarakat sekitar.

BACA JUGA: KAI Daop 8 Skrining Ketat Masinis dan Asisten Masinis yang Akan Bertugas Pada Masa Mudik Lebaran

Di samping itu, KAI Daop 8 Surabaya telah memastikan keandalan sarana dengan melakukan Ramp Check atau pemeriksaan kelaikan maupun kesiapoperasian lokomotif dan kereta untuk memastikan kereta api dalam kondisi prima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas pt kai indonesia