Anda sedang Mudik atau Libur Lebaran ke Kediri? Coba 5 Makanan Khas Ini

Anda sedang Mudik atau Libur Lebaran ke Kediri? Coba 5 Makanan Khas Ini

Arus mudik sudah mulai padat. Buat Anda yang mudiknya ke Kediri. Jangan lupa mencoba makanan khas ini. --Instagram.com/Infokediri

KEDIRI, HARIAN DISWAY - Memasuki satu pekan jelang Lebaran, sudah mulai padat para pemudik yang hendak pulang kampung. Mereka turut meramaikan jalan dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Terlebih jika Anda ingin mudik ke Kediri. Jangan lewatkan kulinernya yang khas dan rasanya enak. Kapan lagi mumpung sedang melancong ke sana. Apalagi saat ini Kediri sudah punya bandara baru, Bandara Dhoho. Sehingga ke kota ini makin gampang.

Sebagai kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Malang dan Surabaya, Kediri diketahui masih menjunjung tinggi kearifan budaya lokal mereka. Salah satunya dengan berbagai kuliner yang khas.

Rata-rata makanan dari Kediri ini cenderung gurih dan pedas. Tetapi juga ada yang manis. Nah, di kota ini, Anda akan menemukan beragam makanan khas Kediri yang menggugah selera!

BACA JUGA: Ini Resep Kue Keciput, Camilan Khas Jawa yang Jadi Primadona saat Lebaran  

1. Sego Pecel Tumpang


Sego pecel tumpang jadi makanan sehari-hari orang Kediri. Berbeda dengan pecel pada umumnya, sego pecel tumpang ini ditambahkan sambel tumpang yang rasanya gurih dan pedas. --Instagram.com/e_ndro

Setiap daerah di Jawa Timur identik dengan pecel, tidak terkecuali Kediri. Pecel seolah menjadi makanan pokok warga daerah sana. Dari pagi hingga malam hari sudah pasti Anda bisa dengan mudah menemukan penjual pecel.

Yang membedakan pecel di Kediri dibandingkan pecel pada umumnya adalah penggunaan sambal tumpang untuk ditambahkan dengan sambal kacang.

Sambal tumpang ini dibuat dari tempe yang bercampur dengan aneka bumbu seperti cabai, daun salam, lengkuas, bawang merah, dan bawang putih. Setelah itu, sambal ini ditambahkan dengan garam, gula, dan santan.

Sayuran yang umumnya dipakai pada pecel tumpang antara lain, kecipir, bunga turi, pepaya matang, sawi, kacang panjang, kecambah, dan bayam.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Bantu Pantau Arus Mudik Lebaran

Sebagai pelengkap, pecel tumpang biasanya disajikan dengan berbagai lauk tambahan seperti telur dadar, peyek, maupun sate jeroan ayam.

Bahkan, pecel tumpang juga bisa disantap bersama sepiring nasi hangat. Anda bisa mencobanya seperti menjadi orang Kediri yang suka makan pecel. Enak dan gurih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: