Anda sedang Mudik atau Libur Lebaran ke Kediri? Coba 5 Makanan Khas Ini

Anda sedang Mudik atau Libur Lebaran ke Kediri? Coba 5 Makanan Khas Ini

Arus mudik sudah mulai padat. Buat Anda yang mudiknya ke Kediri. Jangan lupa mencoba makanan khas ini. --Instagram.com/Infokediri

2. Tahu Takwa


Tahu Takwa yang jadi makanan legendaris Kota Kediri. Rasanya yang enak juga warna kuning alami dari kunyit dan bunga pekak.  --

Ini dia makanan yang menjadi primadona di Kediri, yaitu tahu takwa. Tahu menjadi salah satu makanan khas dari Kediri. Bahkan, saking populernya, Kediri punya julukan sebagai Kota Tahu.

Tahu takwa memang merupakan makanan yang terhitung legendaris di Kediri karena sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Asal nama takwa sendiri berasal dari bahasa Tiongkok yang artinya aroma.

BACA JUGA: Jajanan Nomor Wahid saat Lebaran, Ini Resep Kue Nastar yang Enak dan Mudah

Tahu takwa masih bergantung pada metode lama. Bunga pekak kering yang dicampur dengan air rebusan untuk membuat tahu menghasilkan aromanya sendiri. Tahu ini dibuat dari kedelai berkualitas tinggi yang direbus dengan garam dan kunyit.

Proses pencampuran dengan kunyit ini yang membuat tahu takwa punya warna kuning. Tahu ini akan digoreng terlebih dahulu sebelum disantap. Ada banyak sekali penjual tahu takwa saat Anda mengunjungi Kediri.

Tapi kalau Anda ingin berkunjung ke penjual tahu takwa legendaris di Kediri, Anda bisa mengunjungi kedai Tahu Dan Takwa Bah Kacung Cakrawijaya yang berlokasi di Jalan Trunojoyo No.59, Pakelan, Kecamatan Kota, Kediri. Tempat ini dibuka setiap hari, mulai dari jam 6 pagi hingga pukul 10 malam.

3. Gethuk Pisang


Gethuk pisang yang merupakan camilan khas orang Kediri. Seperti pada umumnya, gethuk dibuat dari bahan dasar singkong. Tapi di Kediri, olahan pisang juga bisa dibuat menjadi gethuk yang enak dan manis. --Instagram/Tata Via

Gethuk memang bukan makanan yang terbilang original. Namun, yang membedakan gethuk di Kediri dengan gethuk pada umumnya yang terbuat dari singkong adalah bahan pembuatannya memakai pisang.

Konon, pisang merupakan camilan favorit dari Putri Sekartaji, seorang putri dari zaman Kerajaan Kediri.

BACA JUGA: 7 Tip Packing Praktis dan Efisien Agar Mudik Lebaran Anda Lancar

Makanan khas Kediri gethuk pisang ini menggunakan jenis pisang raja nangka dalam proses pembuatannya. Pisang jenis raja nangka dipakai dalam pembuatan makanan khas Kediri gethuk pisang ini karena teksturnya terbilang padat.

Pisang harus dikukus dan ditumbuk hingga halus sebelum dicampur dengan berbagai pelengkap rasa sampai menjadi gethuk. Menceritakannya saja sudah terbayang dengan rasanya yang gurih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: