Jajanan Nomor Wahid saat Lebaran, Ini Resep Kue Nastar yang Enak dan Mudah

Jajanan Nomor Wahid saat Lebaran, Ini Resep Kue Nastar yang Enak dan Mudah

Kue nastar yang menjadi primadona saat Lebaran. Ternyata gampang untuk membuatnya dan Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. --Facebook : Resep masakan bunda

SURABAYA, HARIAN DISWAY -  Anda pasti sudah akrab dengan kue nastar. Jajanan satu ini biasanya disantap saat Lebaran. Seperti sudah tradisi, kue nastar adalah kudapan yang paling sering dicari. Kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kue satu ini saat Lebaran.

Bagian luar kue kering yang renyah dikombinasikan dengan isian yang lumer membuat kue nastar menjadi favorit banyak orang. Rasanya unik karena isian nanas yang lembut dan manis.

Kue nastar identik dengan bentuknya yang bulat dan berukuran sekali gigit dengan lapisan atas berwarna kuning mengkilap. Tidak hanya itu, sudah banyak variasi resep kue nastar, mulai dari isian seperti cokelat, durian, stroberi, dan masih banyak yang lain hingga bentuk nastar yang beragam.

BACA JUGA: Deretan Jajanan ini Sering Muncul saat Idulfitri, yang Mana Favorit Anda?

Cara membuat nastar juga cukup mudah dipraktikkan di rumah. Bahan-bahannya juga mudah ditemukan. Bahan itu tidak jauh beda dengan kue kering pada umumnya.

Untuk menyambut hari Lebaran, Anda juga bisa membuat sendiri resep nastar lembut dan anti pecah di rumah. Tentu dengan rasanya yang enak dan mudah membuatnya. 

Untuk membuat resep kue nastar anti pecah dengan kulit luar yang lembut, dibutuhkan sedikit trik dalam memanggangnya. Dengan membuat resep nastar sendiri di rumah, Anda juga bisa mengkreasikan banyaknya isian pada nastar yang akan dibuat.

Bahan yang harus Anda siapkan cukup dengan adonan kue yang terdiri dari 150g mentega, 100g margarin, 20g susu bubuk fullcream, 2 butir kuning telur ayam, 80g gula bubuk yang disaring, 300g tepung terigu protein rendah dan 50g tepung maizena. Beberapa bahan tersebut di ayak menjadi satu. 

Untuk membuat isiannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menambahkan selai nanas saja dan selai tersebut dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil lalu sisihkan. Selanjutnya, untuk olesan nastar menggunakan 2 butir kuning telur ayam, 1 tetes pewarna kue kuning, 1 sdm susu cair. 

Selanjutnya, biarkan mentega beberapa saat dalam suhu ruangan hingga agak lunak. Taruh dalam wadah, tambahkan margarin dan gula bubuk. Kocok dengan mixer kecepatan rendah hingga menyatu. Lalu masukkan kuning telur satu per satu sambil diaduk hingga rata. 

Tambahkan campuran terigu bertahap sambil aduk rata hingga menjadi adonan yang kalis. Jika adonan terasa agak lembek, Anda bisa menyimpannya dalam kulkas beberapa saat.

BACA JUGA: Bikin Ngiler! Baru Buka Satu Bulan, Tempat Makan ini Sudah Bikin Banyak Orang Ketagihan

Jika sudah, Anda bisa membentuk adonan menjadi bola-bola lalu pipihkan. Isi dengan bola-bola selai nanas dan bulatkan kembali.

Sudah terbentuk dengan cantik, susun di atas loyang datar lalu panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 150 C. Setelah 10 menit, Anda bisa mengeluarkan kue nastar dari oven, diamkan hingga agak hangat.

Sumber: