Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak, Harus Jadi Panutan dan Teladanp

Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak, Harus Jadi Panutan dan Teladanp

Orang tua bukan hanya memberikan kebutuhan fisik anak, tetapi juga memberikan fondasi moral dan nilai-nilai kehidupan yang akan membimbing anak ketika nanti mereka dewasa. --

Dengan perhatian, kasih sayang, dan pendampingan yang baik, orang tua mampu menjadi kunci utama dalam membentuk pribadi anak sehingga mereka dapat tumbuh menjadi individu yang tangguh dan berharga bagi masyarakat.

BACA JUGA: Yayasan Penyalur Babysitter Anak Aghnia Punjabi Buka Suara Atas Kasus Penganiayaan yang Menimpa Cana

Seiring dengan tumbuh kembangnya, anak-anak melihat dan meniru apa yang mereka saksikan dari perilaku orang tua. Oleh karena itu, menjadi suatu keharusan bagi orang tua untuk menjadi teladan yang baik bagi anak-anak mereka.

Memberikan contoh positif terkait kesabaran, dedikasi, etika kerja, serta cara mengelola emosi adalah langkah krusial dalam membentuk karakter anak.

Adapun beberapa langkah utama yang bisa Anda lakukan untuk mengasuh anak dengan baik. Pertama, berikan waktu berkualitas kepada anak-anak Anda.

Sisihkan waktu khusus untuk berinteraksi dengan mereka, karena hal ini tidak hanya memperkuat hubungan tetapi juga membantu Anda memahami dunia anak dari perspektif mereka.

BACA JUGA: Transformasi Posyandu Surabaya Ala Cak Eri: Tak Hanya Layani Ibu dan Anak!

Kedua, konsistensi dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak sangat penting. Perilaku yang konsisten membantu anak-anak memahami batasan dan harapan dengan lebih baik. 

Selanjutnya, pujian yang bersifat membangun merupakan kunci penting. Berikan pujian yang membangun untuk setiap pencapaian anak, yang akan membantu meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi mereka untuk terus belajar dan berkembang. 

Selain itu, jadilah teladan yang positif bagi anak-anak Anda. Praktik langsung yang Anda tunjukkan akan memberi dampak lebih besar daripada sekadar perkataan. (*)

Oleh Dian Surury Alfaruq, Mahasiswa Politeknik Negeri Malang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: