7 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Mudik bersama Anak Jadi Nyaman dan Menyenangkan

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Mudik bersama Anak Jadi Nyaman dan Menyenangkan

Pada momen istimewa itu, Anda tentu ingin menjadikan perjalanan mudik sebagai pengalaman yang menyenangkan dan nyaman bagi semua anggota keluarga. Terutama jika anak-anak turut serta. --iStock

HARIAN DISWAY – Mendekati Hari Raya Idulfitri, sebagian keluarga telah menyiapkan diri untuk mudik atau kembali ke kampung halaman. Semua dilakukan guna bersilaturahmi bersama sanak saudara merayakan momen kemenangan tersebut.

Karena itu, mudik bersama keluarga merupakan momen yang paling dinantikan ketika menjelang Lebaran. Pada momen istimewa itu, Anda tentu ingin menjadikan perjalanan mudik sebagai pengalaman yang menyenangkan dan nyaman bagi semua anggota keluarga.

Terutama jiak anak-anak turut serta. Sementara menjalani perjalanan mudik yang panjang bukanlah hal yang mudah sehingga dapat menjadi tantangan tersendiri, terutama saat membawa anak kecil yang cenderung lebih sulit ketika diajak perjalanan jauh.

BACA JUGA: Mudik Telah Tiba! Ada 3 Hal yang Dipersiapkan Jika Anda Menggunakan Angkutan Umum!

Sebagai orang tua tentu khawatir apabila anak akan rewel, sakit, dan merasa bosan selama menempuh perjalanan mudik. Mengingat pentingnya keamanan dan kenyamanan bagi anak selama perjalanan, ada banyak persiapan yang harus dilakukan dengan cermat.

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat diterapkan untuk memberikan perjalanan yang menyenangkan dan rasa nyaman bagi sang buah hati Anda. Simak yuk! 

1. Beri penjelasan kepada anak mengenai tujuan perjalanan mudik

Sebelum melakukan perjalanan, ajaklah anak untuk berbicara dan bercerita tentang mudik. Jelaskan kepada anak apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama perjalanan.

BACA JUGA: Meratus Surabaya Ajak Anak Panti Bukber dan Berbagi Semangat Kebahagiaan

Ajak juga anak untuk turut serta dalam merencanakan perjalanan. Biarkan mereka memilih mainan yang ingin dibawa. Dengan melibatkan mereka seperti ini, anak akan menjadi lebih antusias dalam perjalanan mudik.
Berikan penjelasan kepada anak mengenai tujuan perjalanan mudik agar mereka siap menjalaninya. --iStock

2. Pastikan membawa semua perlengkapan kebutuhan anak

Saat perjalanan mudik bersama anak-anak, kenyamanan, dan kebutuhan mereka harus menjadi prioritas. Saat perjalanan pastikan anak mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca.

Selain itu, tak lupa untuk membawa pakaian ganti dan popok tambahan bila perlu. Tak lupa membawa obat-obatan pribadi untuk antisipasi apabila anak merasakan mabuk perjalanan.

BACA JUGA: 7 Tip Packing Praktis dan Efisien Agar Mudik Lebaran Anda Lancar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber