Yusril Ihza Mahendra Kembali Pertanyakan Soal Etik ke Ahli: Apakah Prabowo-Gibran Melanggar Ethical Norm ataukah Etika Profesi?

Yusril Ihza Mahendra Kembali Pertanyakan Soal Etik ke Ahli: Apakah Prabowo-Gibran Melanggar Ethical Norm ataukah Etika Profesi?

Yusril Ihza Mahendra Kembali Pertanyakan Soal Etik ke Ahli: Apakah Prabowo-Gibran Melanggar Ethical Norm ataukah Etika Profesi?--YouTube Mahkamah Konstitusi RI

Jawaban Ahli

Menjawab pertanyaan tersebut, Ahli Prabowo-Gibran Abdul Chair Ramadhan memberikan paparan sebagai berikut.

"Etika itu sebenarnya sama dengan moral. Itu kalau di Islam akhlak, sehingga ini adalah buah amal yang terkait dengan tauhid dan syariat. Tidak mungkin akhlak itu bertentangan dengan tauhid. Tidak mungkin etika itu bertentangan dengan syariat," jelas Ahli Abdul Chair.

Dari dalil tersebut, Abdul Chair menyatakan bahwa dua etik yang ditanyakan oleh Yusril Ihza Mahendra adalah berbeda.

"Jadi, sangat jelas tidak dapat dipersamakan. Mempersamakan sesuatu yang beda itu tidak adil dan benar," lanjut Abdul Chair.

Masalah etik memang sangat disoroti pada sidang sengketa Pilpres 2024 kali ini. Para pihak yang bersengketa turut mempertahankan argumennya terkait masalah etik ini.

Dalam sidang pemeriksaan yang digelar Kamis, 4 April 2024 ini, masih dilanjutkan dengan pemberian keterangan oleh ahli dan saksi lainnya.

Kemudian, sidang-sidang pemeriksaan lainnya masih dilanjutkan dan akan digelar pada Mahkamah Konstitusi (MK). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: mahkamah konstitusi ri