Pemudik dengan Motor Harap Berhati-hati saat Berkendara, Berikut Cara Aman Menyalip Truk!

Pemudik dengan Motor Harap Berhati-hati saat Berkendara, Berikut Cara Aman Menyalip Truk!

Buat para pengendara motor di jalan, hati-hatilah saat menyalip truk karena sangat berbahaya. --

HARIAN DISWAY - Mudik dengan sepeda motor tidak direkomendasikan karena risiko kecelakaannya sangat tinggi. Korlantas Polri mencatat, dari 365 kasus kecelakaan yang terjadi selama arus Mudik 2023, 74 persen di antaranya melibatkan sepeda motor.

Jadi terbayang kan bagaimana seremnya mudik naik sepeda motor? Banyak orang mudik menggunakan sepeda motor karena alasan yang berbeda-beda. Faktor ekonomi dan kenyamanan selalu jadi alasan utama banyak orang mudik menggunakan sepeda motor.

Pemerintah juga tidak bisa mencegah karena memang tidak ada peraturan untuk tidak boleh mudik menggunakan sepeda motor.  Cuma perlu kewaspadaan yang tinggi saat mengemudi sepeda motor. Apalagi saat menyalip truk.

BACA JUGA: 6 Tips Hemat Bahan Bakar Mudik Saat Lebaran 

Berikut tip aman berkendara dengan sepeda motor.

1. Tenang

Tetap tenang atau jangan panik dan jangan terburu-buru. Kita harus membaca situasi dan kondisi lalu lintas di sekitar kita untuk memutuskan kita akan menyalip truk atau tidak. Perhitungkan dengan cermat dan tepat.

Truk memiliki body yang sangat besar dan panjang sehingga sering berjalan lambat, oleh karena itu kita punya banyak waktu untuk berpikir dan sabar untuk benar-benar memutuskan menyalipnya. 

Untuk amannya, pastikan jlur dari lawan arah benar-benar sepi sebelum menyalip truk.

BACA JUGA: Mudik, Masalahmu hingga Kini

2. Waspadai blindspot dan bunyikan klakson

Sebelum menyalip truk, pastikan anda mengetahui tentang blindspot sebagai pengendara. Blindspot adalah sebuah spot saat berkendara yang tidak bisa dilihat oleh supir truk, biasanya blindspot berada di ekor truk dan tidak terlihat oleh spion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber