Pemudik dengan Motor Harap Berhati-hati saat Berkendara, Berikut Cara Aman Menyalip Truk!

Pemudik dengan Motor Harap Berhati-hati saat Berkendara, Berikut Cara Aman Menyalip Truk!

Buat para pengendara motor di jalan, hati-hatilah saat menyalip truk karena sangat berbahaya. --

Blindspot amat sangat lebih berbahaya jika kurang waspada akan jarak karena truk bisa saja mengerem secara mendadak, lalu sepeda motor berada di blindspot, alhasil terjadilah kecelakaan.

Hal untuk mencegahnya adalah membunyikan klakson motormu dan pastikan pengemudi truk mengetahui kalau kita akan menyalip. Akan lebih baik jika kita berkontak mata dengan sopir tersebut lewat spion.

BACA JUGA: 8 Tips Mudik Aman saat Lebaran

Jika truk menurunkan kecepatannya setelah kita membunyikan klakson, kita langsung bisa menyalipnya, namun jika truk mengeluarkan sein kanan, sebaiknya jangan menyalip.

3. Perhatikan kondisi jalan

Selain kondisi lalu lintas, kita juga harus peka dengan kondisi jalan. Jangan menyalip pada saat kondisi jalan berlubang maupun berpasir. Resikonya sangatlah tinggi, sepeda motor kita bisa saja oleng dan selip.

Hindari menyalip jika kondisi jalan dalam keadaan basah juga untuk lebih amannya, sebab jika terjadi hujan dan jalanan basah, rawan sekali terjadi kecelakaan karena jalannya licin.

BACA JUGA: Keluarga sebagai Pilar Etika Bangsa

Lebih parahnya lagi, jika terjatuh dikala kita menyalip truk. Jangan coba-coba dilakukan karena sangat berbahaya.

4. Jangan pernah menyalip di tikungan

Tikungan adalah hal yang krusial bagi pengendara karena kita tidak akan tahu apa yang akan kita hadapi setelah tikungan. Bisa saja ada bus atau truk dari lawan arah.

Maka dari itu jangan pernah sekali-sekali menyalip di tikungan. Jika kita menyalip di tikungan dan bertemu pengendara bus atau truk di lawan arah, situasi tersebut akan membuat supir terlambat bereaksi sehingga terjadi tabrakan.

5. Pastikan sepeda motor dan dirimu siap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber