PLN Pesan 7 Hal Ini Agar Rumah Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

PLN Pesan 7 Hal Ini Agar Rumah Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

Ini 7 tip dari PLN agar rumah aman saat ditinggal mudik Lebaran. --PLN

HARIAN DISWAY - Seiring dengan musim mudik Lebaran, penting bagi masyarakat untuk memastikan bahwa rumah mereka ditinggalkan dalam kondisi yang aman. Terutama dalam hal kelistrikan.

Menyikapi hal ini, PT PLN Persero memberikan imbauan kepada para pelanggan tentang hal-hal apa saja yang sebaiknya disiapkan sebelum Anda meninggalkan rumah untuk mudik.

Tidak hanya imbauan, PLN juga memberikan sejumlah tip yang berguna bagi masyarakat dan pelanggan PLN untuk merasa tenang dan aman meskipun rumah mereka kosong selama masa mudik.

BACA JUGA: Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman, Siagakan Satgas RAFI Saat Mudik dan Lebaran

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Trianto menegaskan betapa pentingnya memperhatikan beberapa tip berikut ini sebelum melakukan mudik untuk kenyamanan bersama.

1. Memastikan kondisi instalasi listrik

Hal yang utama adalah memastikan bahwa instalasi listrik di rumah Anda berada dalam kondisi baik agar rumah tetap aman saat ditinggalkan. Anda harus memastikan tidak adanya kerusakan atau hal yang memicu korsleting listrik.

2. Mencabut alat elektronik dari stop kontak

PLN juga menyarankan agar masyarakat mencabut peralatan elektronik dari stop kontak untuk memastikan bahwa aliran listrik yang tidak terpakai tidak menyebabkan risiko kebakaran atau kerusakan peralatan.

BACA JUGA: Iktikaf Akhir Ramadan 1445 H Unair: Banyak Berzikir dan Tingkatkan Amalan

Hal ini menjadi peringatan karena sering kali terjadi pada beberapa orang yang membiarkan alat elektronik tak terpakai menyala dengan arus listrik yang terus tertancap di stop kontak.

3. Menyalakan lampu secukupnya

Tip ketiga adalah mengimbau untuk menyalakan lampu penerangan seperlunya, seperti lampu teras dan halaman. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan bangunan yang ditinggalkan.

Bila perlu, Anda bisa memasang sensor penerangan agar mengoptimalkan penggunaan listrik dengan efisiensi yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: