Berkat Persahabatan Prabowo dan Raja Yordania, TNI Sukses Kirim Bantuan ke Gaza via Udara

Berkat Persahabatan Prabowo dan Raja Yordania, TNI Sukses Kirim Bantuan ke Gaza via Udara

Presden RI Terpilih Prabowo Subianto dan sabahatnya, Raja Yordania Abdullah II. -Tim Prabowo Subianto-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Ini hikmah dari persahabatan panjang Presiden RI terpilih Prabowo Subianto dan Raja Yordania Abdullah II. Berkat bantuan Royal Jordanian Air Force (RJAF), TNI-AU berhasil mengirimkan bantuan ke Gaza, Palestina pada Selasa, 9 April 2024. 

Pesawat TNI-AU Super-Hercules C-130 membawa 20 paket bantuan yang dikirim itu berupa makanan, air mineral hingga obat-obatan dengan berat masing-masing 100 kg. 

Bantuan itu dibawa dari King Abdullah II Airbase Airport di Zarqa, Yordania, pada pukul 11.36 waktu setempat (15.36 WIB), lalu dikirimkan ke Gaza melalui metode penerjunan low cost low altitude (LCLA) di titik penerjunan bagian selatan (south dropping zone) di Gaza, pukul 16.50 WIB

"Alhamdulillah, terima kasih atas kerja sama semua pihak yang terlibat dalam kolaborasi yang baik antara TNI dan tentara Yordania ini," ujar Komandan Satgas (Dansatgas) Misi Pengiriman Bantuan Kolonel Pnb Noto Casnoto. 


Tim TNI-AU dan RJAF yang berhasil menerjunkan bantuan untuk rakyat Palestina di Gaza. -Kemenhan RI-

BACA JUGA:Ngobrol Via Telepon, Prabowo dan Erdogan Bahas Penyelesaian Konflik Palestina

BACA JUGA:Simak Percakapan Telepon Prabowo dan Presiden Turkiye Erdogan, Saling Mendoakan

Inisiatif pengiriman bantuan itu dari pernyataan Presiden Joko Widodo di Madiun, Jumat, 8 Maret lalu. Jokowi saat itu mengatakan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang diberi kesempatan untuk dapat memberikan bantuan ke Gaza lewat udara.

Inisiatif Presiden Jokowi itu ditindaklanjuti oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Prabow berbincang dengan Abdullah II via telepon, pada Selasa, 12 Maret 2024 dan menyampaikan keinginan Jokowi agar Indonesia dapat mengirimkan bantuan langsung ke Gaza.


Penyerahan bantuan RI untuk Palestina oleh Presiden Jokowi. -Kemenhan RI-

Raja Yordania Abdullah II kemudian meminta Duta Besar Yordania untuk Indonesia Sudqi Al Omoush bertemu Prabowo di kantor Kementerian Pertahanan, pada Kamis, 21 Maret 2024. Suqi menyampaikan undangan langsung bagi Indonesia dalam partisipasi operasi peluncuran bantuan kemanusiaan ke Gaza via udara.

"Indonesia mengakui persahabatan abadi dengan Yordania karena kedua negara tetap berkomitmen untuk memupuk perdamaian dunia, khususnya di Timur Tengah. Juga meningkatkan kerja sama bilateral untuk kemakmuran dan kesejahteraan bersama," ujar Prabowo dalam pertemuan tersebut.

Setelah itu, komunikasi intens dilakukan TNI-AU dengan RJAF. Kedua institusi itu merancang misi dropping bantuan ke Gaza via udara bersama. Pengiriman bantuan tersebut berangkat dari Jakarta, Jumat, 29 Maret 2024yang diangkut lebih dulu ke Yordania. Baru kemudian diterjunkan dari atas ketinggian dengan pesawat Super Hercules C-130.

BACA JUGA:Warga Hambalang Spill Parcel dari Prabowo Subianto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: