BAC 2024: Sempurna! Jonatan Christie Juara Asia Setelah Kandaskan Jagoan Tuan Rumah

BAC 2024: Sempurna! Jonatan Christie Juara Asia Setelah Kandaskan Jagoan Tuan Rumah

BAC 2024: Sempurna! Jonatan Christie juara Asia setelah kandaskan jagoan tuan rumah.-Broto Happy W-PP PBSI

HARIAN DISWAY - Senyum tak pernah lepas dari bibir Jonatan Christie. Setelah ia memastikan diri mengunci gelar juara Badminton Asia Championship (BAC) alias Kejuaraan Asia 2024.

Dalam final BAC 2024 yang digelar di Ningbo Olympic Sports Center, Ningbo, Tiongkok itu, Jonatan mengalahkan jagoan tuan rumah Li Shi Feng dengan skor sangat meyakinkan, 21-15, 21-16 dalam waktu 54 menit.

Itu berarti Jonatan mampu menjadi juara dalam dua kejuaraan yang ia ikuti secara beruntun. Sebelum BAC 2024, ia terjun di All England. Dan sukses menjadi kampiun juga. Jonatan mulai menunjukkan konsistensi yang dibutuhkan untuk bertahan dalam persaingan tunggal putra dunia yang begitu ketat.

BACA JUGA:BAC 2024: Jonatan Christie Lawan Li Shi Feng di Final, Ini Jadwal dan Link Live Streaming-nya

"Pertama-tama Puji Tuhan. Saya tidak menyangka bisa juara lagi setelah kemarin juara All England," ucap Jonatan Christie, dalam pernyataan pers yang dikutip tim humas dan media PP PBSI.


BAC 2024: Sempurna! Jonatan Christie juara Asia setelah kandaskan jagoan tuan rumah. Dari kiri, Li Shi Feng, Jonatan, Shi Yu Qi, dan Kodai Naraoka.-Broto Happy W-PP PBSI

"Kemenanan ini bisa menjadi booster penambah semangat buat saya pribadi, agar ke depannya bisa lebih konsisten dan lebih baik lagi dalam hal performance dan segalanya," tuturnya.

Jonatan menyatakan, kemenangan atas Li Shi Feng adalah berkat strategi bermain yang ia terapkan. Ia bermain dengan irama yang lebih cepat. Jonatan dan pelatihnya, Irwansyah, memutuskan memakai taktik itu karena melihat kondisi sang lawan. Li Shi Feng kurang prima setelah bermain rubber game melawan Kodai Naraoka di semifinal.

BACA JUGA:BAC 2024: Yes! Jonatan Christie Melaju ke Final Setelah Kandaskan Shi Yu Qi, Ini Kuncinya

BACA JUGA:BAC 2024: Gregoria Kandas di Perempat Final, Ini yang Bikin Dia Menyesal Berat

"Saya lihat Li Shi Feng cukup kelelahan usai pertandingan di semifinal kemarin (Sabtu, 13 April 2024, Red). Kelihatan kakinya sakit juga," ucap Jonatan. "Saya manfaatkan momentum itu untuk nge-push dia, supaya nggak berkembang permainannya," ungkap Jonatan.

Terlepas dari kondisi sang lawan, permainan Jonatan memang sempurna dalam final itu. Serangannya tajam. Smes-smesnya, baik dari sisi forehand maupun overhead, tajam. Ia juga taktis dan kreatif. Ia tahu kapan harus menahan bola dengan rally, kapan harus menyerang.


BAC 2024: Sempurna! Jonatan Christie juara Asia setelah kandaskan jagoan tuan rumah. Foto: Jonatan saat menghadapi Li Shi Feng dalam final, 14 April 2024.-Broto Happy W-PP PBSI

Pertahanannya juga rapat. Jonatan seperti mengover seluruh luas lapangan dengan pergerakan yang cepat namun hemat tenaga. Ada satu dua kesalahan. Namun, pemain 26 tahun itu cepat memperbaiki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: