Rekor Kemenangan dan Kekalahan Terbesar Bayer Leverkusen

Rekor Kemenangan dan Kekalahan Terbesar Bayer Leverkusen

Perayaan kemenangan Bayer Leverkusen setelah mengalahkan Werder Bremen sekaligus dinobatkan sebagai juara Bundesliga.--Instagram @bayer04fussball

HARIAN DISWAY - Untuk kali pertama dalam hampir 120 tahun sejarah mereka, Bayer Leverkusen menjadi juara Bundesliga 2023-2024. Kemenangan 5-0 atas Werder Bremen Minggu malam, 14 April 2024 memastikan gelar tersebut. Padahal, liga masih menyisakan lima pertandingan.

Kemenangan Leverkusen ditentukan gol-gol Victor Bonafice dari titik penalti, Granit Xhaka, dan hat-trick Florian Wirtz. Tiga poin yang diraih pasukan Xabi Alonso atas Werder Bremen membuat Leverkusen tak terkejar oleh dua pesaing terdekatnya, yakni Bayern Munchen dan VfB Stuttgart.

Gelar tersebut resmi mengakhiri julukan Neverkusen (never=tidak pernah). Leverkusen adalah klub yang memegang rekor runner up terbanyak tanpa gelar di Bundesliga. Total, Die Werkself (sebutan Leverkusen) menjadi runner up sebanyak 5 kali.

BACA JUGA:5 Kunci Sukses Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, dari Transfer sampai Xabi Alonso

Borussia Dortmund lebih sering jadi runner up. Yakni 11 kali. Tapi, mereka sering juara juga.


Foto Pemain Bayern Leverkusen Setelah Laga --X Bayer 04 Leverkusen

Kemenangan yang diraihh Leverkusen juga mengakhiri 11 tahun dominasi Bayern di puncak Bundesliga. Sebuah "prestasi" yang mengejutkan di akhir musim panas. Ketika tim asuhan Thomas Tuchel yang diperkuat pemain-pemain bintang seperti Harry Kane, Jamal Musiala, dan Josua Kimmich, bahkan tidak mampu membuat timnya merebut posisi teratas.

Kemenangan 5-0 atas Werdern Bremen memang bersejarah. Karena mengantar mereka menjadi juara untuk kali pertama. Namun, sejak berdiri pada 1904, Bayer Leverkusen pernah mencatat rekor kemenangan terbesar yang lebih spektakuler.

Di sisi lain, mereka juga pernah mengalami kekalahan terburuk. Berikut rekor kemenangan dan kekalahan terbesar Die Werkself di Bundesliga dan DFB Pokal.

BACA JUGA:Xabi Alonso Jadi Nama Jalan, Ini yang Dikatakannya Sebelum Melawan Werder Bremen

BACA JUGA:Selain Xabi Alonso, 3 Pelatih Ini Bawa Timnya Akhiri Puasa Juara Selama Puluhan Tahun

Rekor kemenanan terbesar:

1. BSV Brandenburg 0-11 Bayer Leverkusen (DFB-Pokal, 13 Agustus 1994)

2. FK Pirmasens 1-11 Bayer Leverkusen (DFB-Pokal, 14 Agustus 2010)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cbssports