Xabi Alonso Jadi Nama Jalan, Ini yang Dikatakannya Sebelum Melawan Werder Bremen

Xabi Alonso Jadi Nama Jalan, Ini yang Dikatakannya Sebelum Melawan Werder Bremen

XABI ALONSO jadi nama jalan, ini yang dikatakannya sebelum melawan Werder Bremen.-Getty Images via AFP-

HARIAN DISWAY - Ada video seru yang beredar di media sosial. Yakni, fans Bayer Leverkusen memadati Xabi-Alonso-Allee, alias Jalan Xabi Alonso. Mereka berpesta, menyanyi-nyanyi, dan menari di sepanjang jalan. Penuh riang gembira.

Video itu diambil sebelum laga Leverkusen vs Werder Bremen yang berakhir 5-0 pada Minggu malam, 14 April 2024. Malam bersejarah yang mengantar Leverkusen menjadi juara Bundesliga untuk kali pertama, sejak berdiri pada 120 tahun yang silam.

Jalanan itu berada tepat di depan BayArena, kandang Bayer Leverkusen. Kalau mau ke stadion tersebut, memang harus lewat jalan itu. Pertanyaannya, apakah memang jalanan itu benar-benar bernama jalan Xabi Alonso?

BACA JUGA:5 Kunci Sukses Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, dari Transfer sampai Xabi Alonso

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Bundesliga (@bundesliga)

Tidak. Nama aslinya adalah Bismarckstrasse. Fans menempelkan stiker bertulisan Xabi-Alonso-Allee saking cintanya mereka pada pelatih berkebangsaan Spanyol itu. Yang berhasil menyulap klub se-medioker Leverkusen menjadi calon juara Bundesliga.

Xabi Alonso dan para pemain merasakan keseruan itu sebelum terjun melawan Bremen. Sebab, bus tim juga melewati jalanan penuh fans yang sedang berpesta itu.

"Perjalanan ke stadion benar-benar sulit dipercaya," ungkap Xabi Alonso, sebagaimana dikutip News 18. "Kami bisa merasakan bahwa fans sangat yakin bahwa kami akan berhasil," lanjutnya.

BACA JUGA:Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Apa Bedanya Bayer dan Bayern?

BACA JUGA:Selain Xabi Alonso, 3 Pelatih Ini Bawa Timnya Akhiri Puasa Juara Selama Puluhan Tahun

Tingkah fans seolah-olah Leverkusen sudah juara. Itu mengerikan. Pemain bisa overkonfiden. Maka, tugas Xabi Alonso saat itu adalah meredam emosi pemainnya. Ia mengatakan pada mereka bahwa Leverkusen belum juara.


XABI ALONSO jadi nama jalan, ini yang dikatakannya sebelum melawan Werder Bremen.-Bayer Leverkusen Official-

"Yang lebih penting adalah bagaimana mengatur ekspektasi," kata Xabi. "Kami berbicara di ruang ganti. Aku meminta mereka menyerap energi fans yang melimpah ruah itu, menjadi energi positif," tuturnya.

Pidato Xabi berhasil. Alih-alih overkonfiden dan sembrono, para pemain Leverkusen bermain sangat, sangat, sangat tenang. Tak terlihat ada nervous sedikit pun.

BACA JUGA:Bayer Leverkusen Juarai Bundesliga Setelah 120 Tahun, Ini 10 Tim yang Juga Lama Puasa Juara!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: espn