Xabi Alonso Jadi Nama Jalan, Ini yang Dikatakannya Sebelum Melawan Werder Bremen

Xabi Alonso Jadi Nama Jalan, Ini yang Dikatakannya Sebelum Melawan Werder Bremen

XABI ALONSO jadi nama jalan, ini yang dikatakannya sebelum melawan Werder Bremen.-Getty Images via AFP-

BACA JUGA:Profil Xabi Alonso: Dari Gelandang Kelas Dunia Menjadi Pelatih Legendaris Bundesliga

Mereka menjalani laga melawan Bremen seperti laga-laga sebelumnya. Bukan laga penentuan juara. Toh, kalau kalah, masih tersisa 5 laga yang bisa dimenangkan.

Dengan mentalitas itu, satu per satu gol disarangkan. Dimulai dari penalti Victor Boniface pada menit ke-25. Lalu tambahan gol Granit Xhaka pada menit ke-60. Lalu dua gol Florian Wirtz pada menit ke-68 dan 83. Wirtz bahkan mencetak hat-trick dengan tambahan gol di menit ke-90. Tanpa ampun!

Xabi memang jago memberikan pep-talk kepada para pemain di ruang ganti. Sebagai mantan pemain yang sudah meraih segalanya (mulai dari Liga Champions, La Liga, sampai Euro dan Piala Dunia), ia mendapatkan respek penuh dari pemain.


XABI ALONSO jadi nama jalan, ini yang dikatakannya sebelum melawan Werder Bremen.-ESPN-

Ia sukses menanamkan kepercayaan diri kepada sekelompok pemain dengan jalur karier dan nasib yang berbeda-beda (kebanyakan tidak begitu bagus). Hingga mereka bisa mengalahkan Bayern Munchen. Dan merintis jalan menjadi juara.

BACA JUGA:Bayer Leverkusen Juara Bundesliga! Kutukan Runner-up Berakhir di Tangan Xabi Alonso

BACA JUGA:Sejarah Bayer Leverkusen, Simbol Kebanggaan Pekerja Jerman, Raih Gelar Bundesliga Pertama Setelah 120 Tahun

Xabi menolak membicarakan gelar Bundesliga selama berbulan-bulan. Bahkan setelah mengalahkan Bayern Munchen 3-0 pada Februari lalu. Padahal, kemenangan itu membuat gap poin mereka di klasemen semakin lebar.

"Kami tidak banyak membahas tentang gelar di ruang ganti. Tapi kami menyimpan target itu di kepala kami," tegas pelatih 42 tahun tersebut.

Perjalanan Bayer Leverkusen musim ini belum selesai. Mereka masih harus menjalani perempat final Europa League, dan melawan Kaiserlautern di final DFB Pokal.

Jika Leverkusen berhasil memenangkan keduanya, Jalan Xabi Alonso yang masih berupa stiker tadi, besar kemungkinan, akan menjadi sungguhan... (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: espn