Mengintip Seminar Ideologi Korea Utara di Pyongyang, Apa yang Dibicarakan?

Mengintip Seminar Ideologi Korea Utara di Pyongyang, Apa yang Dibicarakan?

Delegasi dari Brasil mengikuti Seminar Juche Idea atau ideologi Korea Utara, di Pyongyang, 14 April 2024. -Kim Won Jin-AFP

HARIAN DISWAY Setiap 15 April warga Korea Utara memperingati hari kelahiran pendiri negara mereka, Kim Il-sung. Makanya sejak awal April digelar banyak acara untuk menyambut hari besar mahapenting di Korea Utara itu. 

Salah satu acara yang digelar tahun ini adalah Seminar Juche Idea. Temanya Independence, Justice, and Future of Mankind (Kemerdekaan, Keadilan, dan Masa Depan Umat Manusia). 

Seminar yang juga memperingati 112 tahun kelahiran Juche itu digelar di Istana Kebudayaan Rakyat di Pyongyang, ibu kota Korea Utara, pada 13-14 April 2024.

BACA JUGA:Paus Fransiskus Minta Semua Negara Stop Eskalasi di Timur Tengah

BACA JUGA:Sewa Bus, Khofifah Liburan Bersama Keluarga Besar ke Jatim Park II, Batu

Juche adalah ideologi Korea Utara. Digagas oleh presiden pertama Korea Utara Kim Il-sung. Juche berdalil bahwa manusia menguasai takdirnya. Ideologi ini merupakan varian dari Marxisme dan Leninisme. 


Suasana Seminar Juche Idea di Istana Kebudayaan Rakyat di Pyongyang, Korea Utara., 14 April 2024. -Kim Won Jin-AFP

Prinsip dasar Juche adalah menggerakkan bangsa menuju kemerdekaan, melalui pembangunan perekonomian nasional, dan penekanan pada pertahanan diri dalam rangka membangun sosialisme. 

Bila Anda berkunjung ke Pyongyang, ada menara Juche. Wartawan Harian Disway Tomy Gutomo pernah berkunjung ke menara Juche tersebut pada 2016. 

Kantor berita resmi Korea Utara (KCNA) merilis, para delegasi Seminar Juche Idea berasal dari berbagai negara. Mereka telah tiba di Pyongyang sejak 11 April 2024. 


Thae Hyong Chol, first vice-chairman Asosiasi Ilmuwan Sosial Korea Utara, sebagai tuan rumah, memberikan sambutan, 14 April 2024. -Kim Won Jin-AFP

"Selamat datang di Seminar Juche Idea. Terima kasih atas kedatangan Anda Semua," ujar Thae Hyong-chol, first vice-chairman Asosiasi Ilmuwan Sosial Korea Utara yang memberikan sambutan selaku tuan rumah. 

BACA JUGA:Israel Pertimbangkan Untuk Serang Balik Iran

BACA JUGA:Serunya Senam Dansa Bareng Dahlan Iskan di Kantor Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: