Ambyar! Musik dan Dagelan Cak Suro Hangatkan Balai Pemuda

Ambyar! Musik dan Dagelan Cak Suro Hangatkan Balai Pemuda

Musik dan dagelan Cak Suro hangatkan Balai Pemuda. Adegan Cak Suro sedang mengerjai Cak Demo dalam pentas Ngakak Rioyoan Der, pada Sabtu, 13 April 2024.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

Cak Suro dan kawan-kawan menghibur para pengunjung Balai Budaya, Balai Pemuda Surabaya. Mereka tampil dalam pementasan tahunan Musda. Akronim dari Musik dan Dagelan. Bertajuk Ngakak Rioyoan Der, mereka mengocok perut penonton.

MENJELANG pukul 19.00, pada 13 April 2024, beberapa tempat duduk di Gedung Balai Budaya belum sepenuhnya terisi penuh. Mungkin masih dalam suasana mudik. Masyarakat masih banyak yang berada di kampung halaman. Menikmati waktu bersama keluarga.

Yang datang ke Balai Budaya mungkin saja orang Surabaya asli. Kerabat-kerabatnya ada di Surabaya pula. Sehingga saat Idulfitri mereka tak mudik. Karena musim liburan dan banyak waktu luang, mereka menyempatkan hadir untuk menonton pementasan Ngakak Rioyoan Der.

BACA JUGA:Ludruk Luntas Marakkan Pasar Malam Tjap Toendjoengan dengan Lakon Jas Riyoyo


Musik dan dagelan Cak Suro hangatkan Balai Pemuda. Wawan Klantink bersama Rubatto band, bawakan lagu-lagu ambyar dalam event Ngakak Rioyoan Der.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

Tapi dugaan sepi penonton tak terbukti. Beberapa menit sebelum pementasan dimulai, bangku penonton hampir semua terisi penuh. Komedian Cak Suro memang menjadi magnet. Apalagi pementasan malam itu diisi sejumlah bintang tamu.

Pengisi musiknya adalah Rubatto Band, berkolaborasi dengan Wawan Klantink. Sedangkan pada bagian lawak, selain diisi Cak Suro, ada tokoh Cak Demo, Cak Supit, Mami Okta, dan Virus Cs. "Sesuai namanya, Musda. Musik dan dagelan. Jadi ada musiknya, ada dagelannya juga," ujar Cak Suro.

Pementasan dibuka oleh Rubatto band yang membawakan lagu-lagu ambyar. Kemudian Wawan Klantink tampil membawakan Laskar Pelangi karya Nidji, Yang Terdalam karya Peterpan, dan diakhiri dengan Rungkad.

Wawan menyampaikan bahwa dirinya sama dengan sebagian besar penonton yang hadir. "Aku asli arek Suroboyo. Jadi enggak mudik. Saudara-saudaraku juga ada di Surabaya semua," katanya, disambut tepuk tangan riuh.

BACA JUGA:Klantink Ramaikan Pesta Wira Usaha Surabaya


Musik dan dagelan Cak Suro hangatkan Balai Pemuda. Atraksi Virus Cs dalam Ngakak Rioyoan Der di Gedung Balai Budaya, Balai Pemuda, Surabaya.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

Setelah Rubatto menutup penampilan mereka dengan lagu Ku Merindukanmu karya D'Masiv, Cak Suro masuk panggung. Menyapa penonton. "Yok opo, Rek? Sehat, ta (Bagaimana, kawan? Sehat, kah, Red)?" tanyanya.

Belum sempat dijawab, Cak Suro menyahut, "Yo jelas sehat. Nek gak sehat koen gak nangkene. Nang rumah sakit. Opname (Kalau tidak sehat, kamu tidak disini. Tapi di rumah sakit. Opname, Red)," guraunya. 

Saat berpentas, Cak Suro ditemani oleh Cak Demo. Karakter Demo dicitrakan sebagai pembual. "Ojok dulin nang Balai Pemuda bengi-bengi (jangan main ke Balai Pemuda malam-malam, Red)," katanya pada Cak Suro. 

"Opo'o (kenapa, Red)?," tanya Suro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: