Klantink Ramaikan Pesta Wira Usaha Surabaya

Klantink Ramaikan Pesta Wira Usaha Surabaya

Grup musik Klantink ramaikan hari ketiga event Pesta Wira Usaha Surabaya yang digagas oleh komunitas Tangan Di Atas-Guruh Dimas Nugraha-

SURABAYA, Harian Disway - Pesta Wira Usaha Surabaya yang digagas komunitas Tangan Di Atas (TDA), memasuki hari ketiga. Pada Sabtu, 6 Mei 2023, grup musik Klantink menghibur ratusan pengunjung Alun-Alun Surabaya. Mereka membawakan kover lagu-lagu Jawa dan Koes Plus.

"Ayo rek, muda-mudi arek Suroboyo," ujar Wawan, vokalis Klantink. Mereka pun membawakan lagu Muda-Mudi karya Koes Plus. Tak hanya itu, para personel Klantink juga mengajak penonton, utamanya para ibu, untuk bernyanyi dan berjoget bersama di panggung.

Gitar akustik, drum, bass, ukulele dan karakter khas kelompok asli Surabaya itu, perkusi bersahut-sahutan dengan harmonis. Warna musik Klantink masih sama. Dulu, Klantink memiliki dua vokalis. Yakni Budi dan Wawan. Namun Budi Klantink telah meninggal dunia pada 2015. Kini, Wawan mengisi posisi vokal sendirian.

Klantink yang siang itu kompak mengenakan pakaian putih, memancing tawa penonton. Khususnya emak-emak yang berdansa di panggung. Saat hendak memainkan lagu selanjutnya, seorang ibu meminta foto terlebih dahulu sebelum turun panggung. 

"Awas, nanti sawanen," sahut personel lainnya. Mereka pun tertawa. Sawanen artinya trauma atau takut secara berlebihan terhadap seseorang. Paling banyak dimintai foto tentu Wawan. Karena selain frontman, ia berparas paling tampan dibanding yang lain.

Grup Klantink juga membawakan lagu Kolam Susu milik Koes Plus. Kemudian saat menyanyikan lagu Ojo Dibandingke karya Abah Lala, Wawan sempat lupa liriknya. Sehingga personel lain yang menyanyikan. Wawan jadi backing vocal.

Lagu itu sukses memancing semangat para pengunjung. Mereka memenuhi depan panggung dan berjoget. Ibu-ibu yang menari di atas panggung pun semakin ramai. Salah seorang penonton berambut kribo, turut berjoget bersama seorang ibu. Penonton pun menyorakinya, "Kribo! Kribo!"

Grup Klantink merintis karier di jalanan. Nama mereka semakin melejit setelah mengikuti ajang Indonesia Mencari Bakat. Mereka dikenal kerap membawakan dan mengimprovisasi lagu-lagu populer dengan irama etnik dan keroncong.

Pesta Wira Usaha Surabaya masih berlangsung hingga Minggu, 7 Mei 2023. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: