Hore! Kawasan Kenjeran Masuk Proyek Strategis Nasional, Akan Jadi Apa?

Hore! Kawasan Kenjeran Masuk Proyek Strategis Nasional, Akan Jadi Apa?

Wisata Taman Hiburan Pantai Kenjeran yang tetap buka untuk para warga yang ingin berlibur.-M Azizi Yofiansyah-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pemerintah pusat menetapkan 14 Proyek Strategis Nasional (PSN) baru pada 2024. Satu PSN berada di wilayah SURABAYA, tepatnya di Kawasan Pesisir Kenjeran. Saat ini PSN masuk dalam tahap sosialisasi dari pemerintah pusat.

PSN yang sudah disepakati pemerintah pusat itu bernama PSN Pasar ikan dan pusat kegiatan ekonomi di Kawasan Pesisir Surabaya Waterfront City di Kenjeran.

PSN masuk dalam Rancangan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian tentang Perubahan Kelima Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.


Terpesona. Momen salah satu pengunjung yang sedang menikmati suasana di Taman Hiburan Pantai Kenjeran.-M Azizi Yofiansyah-Harian Disway

Kawasan pesisir Kenjeran memang sudah lama mejadi fokus pembangunan Pemkot Surabaya. Kawasan bakal disulap menjadi tempat wisata terpadu senada dengan perencanaan Surabaya sebagai waterfront city.

Sejauh ini Kawasan Kenjeran sudah dilengkapi Jembatan Suroboyo, Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Taman Suroboyo, dan Sentra Ikan Bulak (SIB).

BACA JUGA:AH Thony: Tak Manfaatkan Eks Hi Tech Mal, Pemkot Surabaya Rugi 100 Miliar, Usulkan Jadi Tempat Konser

"Ada PSN di Surabaya itu tentu harus kita maksimalkan. Kita percepat penyelesaiannya dan diselaraskan dengan program pembangunan nasional," ujar Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono, Kamis, 18 April 2024.

"Sehingga juga mendorong pertumbuhan ekonomi sosial dan lainnya," imbuhnya.


Robert penjual Ikan setengah matang (kanan), asyik bercanda dengan pembeli (kiri) di Pasar Ikan Jalan Kenjeran Surabaya.-M Azizi Yofiansyah-Harian Disway

Sementara itu, Wali Kota Surabaya optimis dengan ditetapkan Kenjeran sebagai PSN maka bisa menjadi kawasan maju. Sehingga meningkatkan kesejahteraan warga Surabaya.

BACA JUGA:Jelang Pilkada, Baliho Wali Kota Surabaya Eri Menjamur

"Dengan model begini (PSN) maka Surabaya akan lebih hebat dan maju lagi. Karena Surabaya punya Kenjeran yg belum dimanfaatkan secara maksimal," ujarnya.

Apa itu Waterfront City

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: