Di Balik Kokohnya Pertahanan Indonesia, Ada 'Jari Ajaib' Shin Tae-Yong

Di Balik Kokohnya Pertahanan Indonesia, Ada 'Jari Ajaib' Shin Tae-Yong

Piala Asia U23 2024: Indonesia Kalahkan Australia 1-0, Peluang Lolos Fase Grup Terbuka Lebar-X/@ItingAlghuyubi-

HARIAN DISWAY - Timnas U-23 Indonesia berhasil meraih kemenangan perdana di ajang Piala Asia U-23 AFC 2024 setelah mengalahkan Australia 1-0 di laga kedua Grup A yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis, 18 April 2024.

Kemenangan itu menjadi pelipur lara bagi Garuda Muda setelah di laga pertama harus menelan kekalahan 0-2 dari Qatar.

Hasil itu membuat Indonesia menempati peringkat kedua klasemen Grup A dengan 3 poin, di bawah Qatar yang memimpin dengan 6 poin.

Jalannya Pertandingan

Di awal babak pertama, Indonesia langsung mendapatkan tekanan dari Australia. Tim Kanguru mendapatkan peluang emas di menit ke-25 melalui tendangan penalti setelah Komang Teguh melakukan handball di kotak terlarang.

BACA JUGA:Ernando Ari Selebrasi Bak Bruce Lee, Timnas Indonesia Sikat Australia 1-0

BACA JUGA:Penyelamatan Ernando Ari dan Gol Penentu Komang Teguh Antar Timnas Indonesia U-23 Kalahkan Australia U-23, Skor 1-0!

Beruntung, kiper Ernando Ari berhasil membaca arah tendangan Mohamed Traore dan menyelamatkan gawang Indonesia.

Indonesia yang bermain disiplin dengan formasi 3-4-3, mampu meredam serangan Australia dengan efektif.

Gol tunggal Indonesia tercipta di menit ke-45 melalui skema tendangan sudut. Nathan Tjoe-A-On yang mendapatkan bola liar di kotak penalti, melepaskan tendangan kaki kiri yang tidak sengaja mengenai kepala Komang Teguh dan berbuah gol.

Di babak kedua, Indonesia semakin menunjukkan disiplinnya dalam bertahan.

Pelatih Shin Tae-Yong (STY) mengubah struktur pertahanan dengan membentuk triangle pertahanan, sehingga Australia kesulitan membongkar pertahanan Indonesia.

Statistik akhir pertandingan menunjukkan bahwa Australia memang lebih dominan dalam penguasaan bola (64% berbanding 36%).

Namun, Indonesia lebih efektif dalam memanfaatkan peluang. Indonesia mencatat 8 tendangan (4 tepat sasaran) dibandingkan dengan Australia yang mencatat 21 tendangan (4 tepat sasaran). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: