Wow! Wasit Persib vs Persebaya Ternyata Mantan Paspampres, Ini Profil Sance Lawita...

Wow! Wasit Persib vs Persebaya Ternyata Mantan Paspampres, Ini Profil Sance Lawita...

Sance Lawita akan memimpin jalannya pertandingan Persib vs Persebaya, 20 April 2024-X @themaczmancom-X @themaczmancom

HARIAN DISWAY - Pertandingan sengit di pekan ke-32 Liga 1 2023/2024 antara Persib vs Persebaya akan tersaji, Sabtu, 20 April 2024 pukul 15.00 WIB. Duel dua tim legendaris Liga Indonesia itu akan dipimpin oleh wasit Sance Lawita

Menurut informasi yang dihimpun Harian Disway, Sance Lawita adalah wasit yang pernah bertugas sebagai Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden). Tepatnya di tahun 2013 ketika dia menjadi pengawal Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Pria asal Taulud, Sulawesi Utara itu juga terdaftar sebagai prajurit TNI. Pada November 2012, Sance bertugas di Divisi 1 Kostrad Batalyon Linud 432. Di tahun itu juga dia mengikuti seleksi Paspampres.

BACA JUGA:Head to Head Persib vs Persebaya: Maung Bandung Unggul Tipis di Lima Pertandingan Terakhir


Sanca Lawita saat memimpin pertandingan Liga 2 2023/2024-X @Liga2Match-X @Liga2Match

Setelah melewati proses perekrutan, Sance diumumkan masuk dalam Paspampres. Sehingga dia memiliki kewajiban untuk secara langsung mengawal Presiden Republik Indonesia. 

Tugas pertama Sance menjadi Paspampres adalah saat mengawal Susilo Bambang Yudhoyono pada 2013. Kemudian digantikan oleh Jokowi pada 2016.

Tiga tahun lamanya Sance Lawita bertugas di Istana Merdeka. Akhirnya. pada Februari 2016 Sance dipindahtugaskan ke Kodam XIII Merdeka, tepatnya di Korem 131/Santiago Manado.

BACA JUGA:Duh! Persebaya Pincang Jelang Lawan Persib, Tiga Pemain Inti Absen

Hingga kini akhirnya Sance memutuskan untuk aktif di dunia sepak bola sebagai wasit. Dia sudah beberapa kali memimpin pertandingan di kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1.

Awal mula sepak terjang Sance Lawita sebagai wasit terjadi ketika dia memimpin pertandingan lokal seperti Liga 3 Sulawesi Utara, Porprov, Piala Soeratin hingga level antar-kampung (tarkam).

Nama Sance mulai naik daun ketika dia memimpin pertandingan di Liga 2 2018/2019. Ia menjadi pengadil lapangan di kompetisi kasta kedua Liga Indonesia semusim penuh. 

BACA JUGA:Bawa Banyak Pemain Belakang Away di Laga Persib vs Persebaya, Paul Munster Akan Parkir Bus?


Pelanggaran Kei Hirose kepada Koko Ari yang hanya diberikan kartu kuning oleh wasit Sance Lawita-X @DickyIwanSetia1-X @DickyIwanSetia1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber